Kesal Jalan Rusak Tak Segera Diperbaiki, Warga Lamongan Tanami Pohon Pisang

Kesal Jalan Rusak Tak Segera Diperbaiki, Warga Lamongan Tanami Pohon Pisang

Warga Desa Sumurgayam, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur membentangkan poster berisi protes keras kepada pemkab setempat serta melakukan penanaman pohon pisang di sepanjang jalan.-Biro Lamongan-

LAMONGAN, MEMORANDUM - Kesal karena jalan rusak dan tak kunjung diperbaiki, warga Desa Sumurgayam, Kecamatan Paciran, Kabupaten LAMONGAN, Jawa Timur membentangkan poster berisi protes keras kepada pemkab setempat serta melakukan penanaman pohon pisang di sepanjang jalan.

Ratusan meter jalan desa itu rusak parah, karena aspalnya terkelupas. Kondisi seperti ini terjadi di jalan poros kecamatan sebagai akses jalan penghubung antar Desa Sumurgayam. Adanya dugaan pembiaran yang berkepanjangan membuat kondisi kubangan jalan yang ditimbulkan semakin parah. Akibatnya, jika setelah hujan, jalan tampak seperti kubangan kolam ikan sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Kondisi jalan yang semakin parah tersebut kapan diperbaiki. Hal inilah yang menjadikan warga setempat melakukan protes. Diantaranya dengan membentangkan poster yang bertuliskan penekanan sekaligus permohonan kepada Bupati LAMONGAN, Yuhronur Effendi, agar jalan satu-satunya warga itu segera diperbaiki.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten LAMONGAN, M. Zamroni di konfirmasi terkait hal ini belum memberikan penjelasan, ia cuma bilang, "Sebentar ya mas, masih ada rapat," kata Zamroni singkat, Senin 22 April 2024.

BACA JUGA:Kondisi Jalan Rusak Berat di Jatim Capai 60 Km

Sebelumnya, Basuni, warga setempat mengatakan, "Kondisi jalan ini rusak parah, saat dilalui tidak bisa lagi dipilih karena kerusakan hampir merata, hal ini lebih dari 10 tahun tak pernah disentuh atau diperbaiki.

Dia juga menyampaikan, jalan yang mengalami kerusakan tersebut merupakan akses utama bagi warga, termasuk bagi anak sekolah dan para petani setiap harinya. Jalan tersebut juga digunakan untuk membawa hasil pertanian.

Alih - alih, setiap tahun kami rajin membayar pajak, namun jalan di desa tidak pernah tersentuh perbaikan. Kami atas nama warga minta kepada pemkab Lamongan segera memperbaiki jalan ini," pinta Basuni.

Senada warga yang lain, Ahmad Thonthowi Masyhar, menyebutkan jalan yang menghubungkan sejumlah desa di pantura Lamongan ini kondisinya sudah tidak layak dilalui. Sebab kondisi badan jalan tersebut aspalnya mengelupas dan jalan menjadi kubangan sangat dalam. Akibat itu banyak warga saat berkendara terjatuh akibat kubangan tersebut.

BACA JUGA:Pohon Pisang Ditanam di Jalan Rusak Dibersihkan

Dalam hal ini, menurut dia, "Pemerintah Kabupaten Lamongan sudah berkali-kali memberikan janji - janji untuk segera memperbaiki jalan ini, namun sampai detik ini belum juga direalisasikan," ucapnya.(pul)

Sumber: