Mual Setelah Minum Kopi? Ini Cara Mengatasinya

Mual Setelah Minum Kopi? Ini Cara Mengatasinya

Rasa mual yang disebabkan oleh kopi memang terasa mengganggu dan bahkan membuat orang membuat tidak mau untuk mengkonsumsi kopi kembali--Freepik

MEMORANDUM - Minum kopi merupakan sebuah kebutuhan wajib yang harus dilakukan bagi kebanyakan orang.

Hal itu dikarenakan meminum kopi dapat menjadi sarana melepaskan lelah dan juga sebagai teman kerja agar tetap fokus dan menghilangkan kantuk.

Maka dari itu kopi sangat digemari hampir semua kalangan di Indonesia, baik muda maupun tua kopi selalu menjadi teman di segala aktivitas harian, ataupun untuk bersantai dan berkumpul bersama teman.

Namun meskipun menjadi minuman favorit terkadang meminum kopi menyebabkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan hingga membuat mual.

Hal itu dikarenakan kopi sangat asam dan mengandung kafein yang menyebabkan perut menjadi terasa tidak nyaman setelah menyeruput secangkir kopi, terlebih bagi orang yang mempunyai perut yang sensitif.

Jika anda merasakan hal tersebut saat meminum kopi berikut adalah alasan meminum kopi dapat mual:

1.    Kopi mengandung banyak jenis asam

Didalam kopi terdapat berbagai jenis asam yang sebenarnya asam tersebut berkontribusi besar dalam menciptakan cita rasa kopi itu sendiri.

Namun asam dari kopi tersebut dapat membuat perut terasa mual dan tidak nyaman dan kandungan asam ini dapat melukai dan mengiritasi perut.

BACA JUGA:Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Apa Saja?

BACA JUGA:Seni Meracik Kopi, Panduan Lengkap Menyeduh Kopi Terbaik


2.    Kopi dapat mempengaruhi hormon

Asalan meminum kopi dapat membuat mual adalah karena kopi dapat memperngaruhi hormon.

Dilansir dari laman Fluent in Hormon, kafein dalam kopi mencegah tubuh memproduksi hormon ADH atau antidiuretic hormone, yang dimana tanpa hormon tersebut cukup dalam tubuh akan membuat ginjal berhenti menyerap air.

Akibatnya anda akan merasa mual dan mulas setelah meminum kopi, ditambah mungkin anda akan terkena diare.

3.    Minum kopi saat perut kosong

Kegitan minum kopi biasa dilakukan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas, bahkan hal itu dilakukan sebelum melakukan sarapan pagi.

Hal itu juga dapat membuat rasa mual ketika minum kopi, karena rasa asam yang dimiliki kopi dapat mengiritasi perut yang sedang dalam keadaan kosong.

4.    Kandungan kafein

Kandungan kafein di dalam kopi dapat menyebabkan berbagai hal yang dapat mempengaruhi tubuh diantaranya mulai dari fungsi otak, denyut nadi, hingga tekanan darah.

Selain itu kafein juga dapat memicu produksi asam lambung meningkat, itulah yang memicu terjadinya mag, gugup, mual, serta pusing.

Itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab mual ketika mengkonsumsi secangkir kopi, namun ketika hal itu terjadi ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi hal tersebut antara lain:

1.    Minum air putih
Dengan meminum air putih dapat menetralkan asam lambung dan dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena efek dari konsumsi kopi.

Sumber: