Puncak Idulfitri 1445 H, Kupatan Massal di Ngantru Meriah

Puncak Idulfitri 1445 H, Kupatan Massal di Ngantru Meriah

Panitia kupatan massal Desa Mojoagung. -Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Sepanjang jalan Desa/Kecamatan Ngantru, Desa Mojoagung, Desa Batokan, dan Desa Banjarsari, pada Rabu 17 April 2024 dipadati masyarakat dari berbagai daerah.

Para pengunjung datang untuk bermaaf -maafan, sekaligus menikmati masakan ketupat yang disediakan warga.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini 

Kepala Desa Mojoagung Basuki Al Ukik mengatakan, Lebaran kupat merupakan tradisi para leluhur yang sudah dilakukan secara terus menerus setiap tahun sekali pada hari raya Idulfitri ke-7.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

"Kupatan dulunya juga dilakukan di lingkungan masing-masing. Tetapi dalam beberapa tahun ini, selain diadakan di lingkungannya, kupatan dilaksanakan dengan serentak secara massal," ujarnya.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya 

Kades Basuki Al Ukik menambahkan, untuk kupatan masal kali ini merupakan yang ke-5 kalinya digelar, sekaligus menjadi agenda rutin yang diprakarsai Pemerintah Kecamatan Ngantru.

"Sudah berjalan selama lima tahun lalu hingga sampai sekarang masih terus berjalan. Dan masyarakat tetap kompak untuk terus bisa dilaksanakan," terangnya.

Menurut Basuki Al Ukik, tujuan kupatan masal adalah sebagai ajang silaturahmi masyarakat, sehingga di momen lebaran Idulfitri semuanya bisa bertemu saling sapa dan bermaafan sesamanya.

Dibandingkan tahun sebelumnya, kupatan massal tahun ini lebih meriah dan banyak pengunjungnya, baik warga desa sekitar maupun dari berbagai daerah.

"Kami berharap kupatan masal ini di tahun mendatang lebih meriah lagi, bisa memiliki daya tarik wisata, sehingga pengunjung berdatangan untuk menyaksikan kemeriahan kupatan massal," pungkasnya.

Seorang pengunjung, Sangkan (60), asal Desa Pelas, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri mengaku senang bisa datang menyaksikan kemeriahan kupatan massal di Kecamatan Ngantru.

"Tahun ini meriah sekali dibanding tahun sebelumnya. Masakannya enak-enak dan pelayanannya ramah-ramah. Semoga kupatan massal ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun sekali dan lebih meriah lagi," ungkapnya. (*)

Sumber: