UMM Hapuskan Dosa Antarsesama lewat Halalbihalal

UMM Hapuskan Dosa Antarsesama lewat Halalbihalal

Pelaksanaan halalbihalal keluarga besar civitas akademika. -Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Keluarga besar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar halalbihalal civitas akademika. Turut hadir KH Nur Cholis Huda MSi, selaku Penasihat Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jatim.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini

Ia menyampaikan dalam tausiyahnya, bahwa inti dari halalbihalal Idulfitri yaitu memperbanyak kawat atau tali silaturahmi, menghapuskan dosa, utamanya hubungan sesama manusia.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

"Karena menyembuhkan luka itu sulit. Ibarat menancapkan paku di kayu dan mencabutnya. Lubang tersebut tidak akan mudah tertutup kembali," terangnya.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Jika hal tersebut, lanjutnya, diulang terus, dapat menjadi bekas yang tidak dapat hilang. Seperti luka fisik yang tak akan mudah hilang.

BACA JUGA:Sahur on The Road, UMM Gandeng Bantengan Jabung

Selain itu, tambahnya, untuk menyambung silaturahmi menyembuhkan luka di hati. Menyembuhkan luka hati, dengan saling memaafkan. Jika luka tidak dimaafkan, akan mengendap dalam hati dan membentuk kebencian.

BACA JUGA:Prof Nazaruddin Malik Resmi Jabat Rektor UMM

Sementara itu, Prof Dr Nazaruddin Malik SE MSi, Rektor UMM berpendapat, halalbihalal adalah cermin adat kemanusiaan yang dijunjung tinggi,di atas segala perbedaan dan kepentingan. Memberikan inspirasi mengatasi persoalan. Dapat  membuka kunci pintu rezeki halal dan thayyib.

BACA JUGA:Student Day, Wadahi Bakat Minat dan Ekspresi Maba UMM

“Hal Ini juga mencerminkan cara kita menyikapi tantangan dan dinamika menjalankan misi kemanusiaan. Membawa UMM menjadi bermartabat serta bermaslahat bagi seluruh umat,” jelasnya. (*)

Sumber: