Sahur on The Road, UMM Gandeng Bantengan Jabung

Sahur on The Road, UMM Gandeng Bantengan Jabung

Pelaksanaan SOTR di kawasan Jabung Kabupaten Malang-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama My Dormy Hostel UMM dan komunitas Republik Gubuk melaksakan Sahur on The Road (SOTR), di Dusun Busu, Desa Slamparejo, Jabung, kabupaten Malang.

Uniknya, peserta SOTR berkeliling dusun menggunakan pertunjukan bantengan. Lengkap dengan gamelan untuk membangunkan sahur para warga.

Muhammad Ainul Yakin selaku koordinator Bantengan menjelaskan, bantengan salah satu budaya Malang. Menjadi cara melestarikan budaya dan mencegah kepunahan, yang sudah turun temurun.

“Biasanya, kami tampil saat ada anggota yang ulang tahun, hajatan, atau juga ketika diundang warga. Tapi kami selalu senang saat bisa menampilkan kesenian bantengan ini,”  terangnya, Selasa 02 April 2024.

BACA JUGA:Prof Nazaruddin Malik Resmi Jabat Rektor UMM

Bulan Ramadan ini, kata dia, menjadi berkah rezeki. Karena banyak digelar seperti Gebyak Bantengan, dilaksanakan sesaat sebelum bulan puasa. Acara SOTR, diinisiasi UMM dan mengajak bekerja sama.

Menurut Akin, para warga dan teman-teman merasa senang karena UMM datang dan mengajak kerjasama. Apalagi kedatangan UMM memang selalu dinanti warga,  karena agendanya menyenangkan.

Fachrul Alamsyah, presiden Republik Gubuk menjelaskan,  Dusun Busu telah telah berkonsep kampung adat. Salah satu tempat, yang harus dilestarikan kearifan lokalnya.

“Biasanya UMM mengadakan kegiatan buka bersama. Kalau sekarang sahur bersama dan masyarakat sangat senang," katanya. (edr)

Sumber: