Waspada terhadap Cemas Berlebihan, Berikut adalah Gejala dan Jenis-jenis Anxiety

Waspada terhadap Cemas Berlebihan, Berikut adalah Gejala dan Jenis-jenis Anxiety

Gejala dan Jenis-jenis Anxiety--Pixabay

SURABAYA, MEMORANDUM - Pernahkah Anda merasa khawatir atau cemas yang berlebihan secara terus-menerus, padahal tidak ada hal buruk yang sedang terjadi? Jika iya, Anda mungkin mengalami anxiety.

Anxiety adalah perasaan khawatir atau takut yang intens dan terus-menerus.

Gangguan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan memengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Mengenali Gejala Umum Anxiety

Gejala anxiety tidak hanya berupa perasaan cemas dan khawatir saja. Penderita anxiety juga bisa mengalami berbagai gejala fisik dan emosional, seperti:

- Gejala fisik: Detak jantung berdebar, napas cepat, gemetar, berkeringat, mual, sakit kepala, mudah lelah, sulit tidur, atau gangguan pencernaan.

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Hadapi Sunday Evening Anxiety

- Gejala emosional: Perasaan tegang, gelisah, takut yang tidak beralasan, sulit konsentrasi, mudah tersinggung, dan perasaan terancam.

Penting dicatat bahwa gejala yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda. Gejala tersebut juga bisa muncul secara tiba-tiba atau berkembang secara bertahap.

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas secara terus-menerus dan mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau psikolog untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Jenis-jenis Gangguan Kecemasan

Anxiety tidak hanya sekedar perasaan cemas biasa. Ada beberapa jenis gangguan kecemasan yang berbeda-beda, di antaranya:

BACA JUGA:Doa Saat Hati Gelisah, Dibaca Agar Hati Tenang dan Pikiran Menjadi Damai

Gangguan Kecemasan Umum (Generalized Anxiety Disorder)

Sumber: