Kapolres Gresik Apresiasi Kontes Bandeng Kawak 2024

Kapolres Gresik Apresiasi Kontes Bandeng Kawak 2024

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom menghadiri Kontes Bandeng Kawak Kabupaten Gresik 2024 di kawasan Wisata Heritage Bandar Grisse.-Biro Gresik-

GRESIK, MEMORANDUM - Kontes Bandeng Kawak Kabupaten Gresik 2024 kembali digelar di kawasan Wisata Heritage Bandar Grisse, Senin, 8 April 2024 berjalan meriah. Pasar Bandeng merupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman Sunan Giri.

BACA JUGA:Kapolres: Warga yang Mudik Bisa Titip Kendaraan di Mapolres Gresik Gratis

Agenda kontes Bandeng Kawak menjadi puncak serangkaian acara Pasar Bandeng sejak Jumat, 6 April 2024. Antusiasme masyarakat Gresik saat memadati area kontes bandeng tahun ini. Pasar Bandeng yang digelar beberapa hari ini ramai dikunjungi warga.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Gelar Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim

"Pasar Bandeng ini memiliki dampak secara umum, karena mengundang banyak sekali UMKM yang berjualan di sekitar Pasar Bandeng." ucap Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan sambutan.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Dampingi Kapolda Jatim ke daerah Terdampak Bencana Alam dan Baksos Gempa Bumi di Pulau Bawean

Menurutnya, Pasar Bandeng merupakan merupakan budaya warisan tak benda yang telah eksis sejak ratusan tahun lalu. Tepatnya bermula sejak zaman Raden Sunan Giri. 

BACA JUGA:Kapolres Gresik Bersama Dandim 0817 Gresik Terjunkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa di Pulau Bawean

"Ini merupakan tradisi dan budaya yang turun-temurun sejak dari eranya Mbah Sunan Giri. Tradisi ini harus terus kita jaga dan rawat sebagai daya tarik khas Gresik untuk masyarakat dalam maupun luar Gresik." ujarnya.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Gelar Tadarus Bersama Personel di Bulan Ramadan

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Gresik yang telah melestarikan produk unggulannya yaitu bandeng. Dia menuturkan sebanyak 27 persen produk ikan bandeng di Jatim berasal dari Kabupaten Gresik.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Bersama Forkopimda Ziarah Makam Auliya Semarakkan HUT Ke-50 dan Hari Jadi Ke-537

"Festival ini membuat masyarakat Gresik memiliki event khas dan mendorong wisata dan perekonomian Gresik. Sehingga kami sangat mendukung karena kontes bandeng kawak ini perlu dilestarikan dan dikembangkan. Karena ekonomi akan bergerak dan budaya terlestarikan." katanya.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Hadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-50 Pemkab Gresik

Sumber: