Menjaga Kesehatan Pikiran di Era Digital: Strategi Menghadapi Stres dan Tekanan

Menjaga Kesehatan Pikiran di Era Digital: Strategi Menghadapi Stres dan Tekanan

Menghadapi stres dan tekanan di era digital membutuhkan kesadaran akan dampaknya dan langkah-langkah konkret untuk mengelolanya.--Freepik

MEMORANDUM - Era digital menawarkan banyak kemudahan dan akses informasi, namun di sisi lain juga dapat membawa stres dan tekanan.

Memprioritaskan keseimbangan dan kesejahteraan pribadi adalah kunci untuk hidup yang bahagia dan bermakna di era digital yang terus berkembang.

Ada beberapa sumber stres dan tekanan di era digital, yaitu :

•    Ketergantungan Pada Sosial Media

•    Informasi Berlebihan

•    Tekanan Kinerja

•    Ketidakseimbangan Hidup

Maka dengan ini kita harus memiliki strategi untuk menghadapi stres dan tekanan di era digital. Ini dia beberapa strategi yang dapat kalian terapkan :

•    Batasi Penggunaan Gadget
Penggunaan gadget yang berlebihan juga tidak baik, tetapkan waktu layar yang wajar tidak berlebihan. Matikan notifikasi yang tidak penting, atau bisa juga gunakan fitur blikir untuk media sosial tertentu.

Pisahkan waktu untuk bekerja, beristirahat, dan berinteraksilah langsung dengan orang-orang disekitar kalian.

BACA JUGA:Kecemasan Meningkat di Era Digital : Dampak Media Sosial dan Berita Online

BACA JUGA:Mempercepat Kemajuan: Dampak Positif Era Digital bagi Masyarakat

•    Bijaklah Dalam Memilih Konten
Pilihlah konten digital yang memberikan nilai-nilai positif dan menginspirasi dan hindari konten yan-konten yang negatif memcu stres dan tekanan.

•    Jaga Kesehatan Mental dan Fisik
Lakukanlah olaraga yang teratur, konsumsi makanan sehat dan bergizi, tidur yang cukup, dan merileksasikan diri seperti meditasi.

•    Bangun Interaksi Sosial yang Sehat
Luangkan waktu lebih banyak bersama keluarga dan kerabat. Bergabung dengan komunitas atau kegiatan sosial yang positif dan banyak berinteraksi dengan alam dan lingkungan sekitar.

•    Cari Bantuan atau Dukungan
Jangan ragu untuk berbagi cerita pada orang yang kalian percaya, jangan pendam sendiri hal itu akan menyebabkan kalian menjadi semakin stres dan tertekan. Jika memang bercerita tidak membantu kalian maka konsultasikan pada psikolog atau terapis.

•    Berfikir positif
Latihlah diri Anda untuk melihat sisi positif dari situasi dan menghadapi tantangan dengan sikap yang optimis. Ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan ketahanan mental.

Menghadapi stres dan tekanan di era digital membutuhkan kesadaran akan dampaknya dan langkah-langkah konkret untuk mengelolanya.

Dengan menerapkan strategi ini, kita dapat menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan, serta membangun hubungan yang lebih sehat dengan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Ingatlah bahwa memprioritaskan keseimbangan dan kesejahteraan pribadi adalah kunci untuk hidup yang bahagia dan bermakna di era digital yang terus berkembang. (mg14)
 

Sumber: