Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Buka Bersama Warga Binaan

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Buka Bersama Warga Binaan

Wakapolres Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Ari Bayu Aji dalam kegiatan buka bersama dengan warga binaan.-Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengadakan buka bersama dengan warga binaan, Selasa, 26 Maret 2024. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polres Pelabuhan Tanjung Perak terhadap warga binaan.

BACA JUGA:Kunjungi PCNU Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak: Tokoh Agama Berperan Penting Ciptakan Pemilu Damai

Diharapkan dengan kegiatan ini, warga binaan dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, serta menjadi pribadi yang lebih baik setelah menjalani masa hukuman.

BACA JUGA:Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Pimpin Penyekatan di Suramadu

Kegiatan yang dipimpin Wakapolres Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Ari Bayu Aji ini diikuti para pejabat utama (PJU), staf, dan bhayangkari serta warga binaan yang berjumlah 62 tahanan. Mereka serempak mengaji dan selawatan bersama-sama.

BACA JUGA:Sosialisasi Bahaya Narkoba Digalakkan Bhabinkamtibmas Polres Tanjung Perak untuk Tekan Angka Narkoba

Suasana penuh kekeluargaan terlihat jelas di lokasi. Seluruh tahanan dari berbagai perkara dan asal-usul menjadi satu. Baik dari kasus mulai judi, narkoba, ranmor, hingga curat, mereka semua berbaur dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Patroli Skala Besar Digelar Polres Pelabuhan Tanjung Perak Jaga Kamtibmas Ramadan

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP William Cornelis Tanasale mengatakan, kegiatan ngaji bersama dan tausiyah merupakan agenda rutin setiap Ramadan tiba.

BACA JUGA:Polres Tanjung Perak Gelar Baksos dan Santuni Anak Yatim

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap warga binaan. Diharapkan dengan kegiatan ini, mereka dapat meningkatkan iman dan takwanya, serta menjadi pribadi yang lebih baik setelah menjalani masa hukuman," kata AKBP William Cornelis Tanasale.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Terus Gelar Patroli untuk Menjaga Kamtibmas Aman dan Kondusif Selama Ramadan

AKBP William Cornelis Tanasale mengaku senang dan mengapresiasi antusiasme para tahanan dalam mengikuti kegiatan Ramadan.

BACA JUGA:Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Berbagi Takjil Sambil Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

"Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari para tahanan dalam mengikuti kegiatan Ramadan ini. Ini menunjukkan bahwa mereka masih memiliki semangat untuk memperbaiki diri," ujarnya.

Kegiatan buka puasa yang juga diikuti anggota dan warga lingkungan mapolres  ini merupakan momen yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kekeluargaan antaranggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Sosialisasikan Operasi Keselamatan Semeru 2024

Dalam suasana yang penuh keakraban, mereka dapat saling berbagi cerita dan pengalaman, serta memperkuat kerjasama dalam menjalankan tugas.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan soliditas dan semangat kerja anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, " kata kapolres.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Warga NU Kota Surabaya Gelar Tradisi Megengan

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak juga memberikan motivasi kepada para warga binaan agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah keluar dari penjara. Ia berharap para warga binaan dapat memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk introspeksi diri dan kembali ke jalan yang benar.

Dalam kesempatan ini, Ustaz KH Choirun Suaib yang juga Pengurus MWCNU Krembangan memberikan tausiyah kepada para warga binaan tentang pentingnya bulan Ramadan sebagai bulan penuh berkah dan ampunan.

BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Tingkatkan Keamanan Melalui Patroli Dialogis

"Mari kita memperbanyak pahala di waktu bulan Ramadan, seperti halnya yang dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggelar buka Ramadan ini. Karena pahala di bulan suci Ramadan dilipatgandakan," ujarnya.

Pengasuh Ponpes Yatim Piatu di wilayah Dupak Bangunsari dalam kesempatan tersebut memberikan penuturan kepada warga binaan agar menyesali perbuatannya dan tidak mengulanginya lagi.  Oleh karena itu, mereka diharapkan selalu memohon ampunan kepada Allah.

BACA JUGA:Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Milenial, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gencar Penyuluhan di Sekolah

"Pada bulan puasa, Surga merindukan kepada orang-orang yang berpuasa. Kemudian doanya orang-orang yang berpuasa mustajab. Mari kita terus berdoa selalu kepada Allah supaya dikabulkan," tuturnya.

Kegiatan buka bersama ini merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak terhadap warga binaan.

BACA JUGA:Wujudkan Generasi Muda Bebas Narkoba, Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Beri Penyuluhan

Diharapkan dengan kegiatan ini, mereka dapat kembali menjadi pribadi yang lebih baik dan diterima oleh masyarakat setelah menjalani masa hukuman. Kegiatan buka bersama ini diakhiri dengan penyerahan bingkisan kepada para warga binaan. (*)

Sumber: