Jelang Vietnam vs Indonesia, STY Optimis Hapus Rekor Buruk 19 Tahun Tak Pernah Menang di Kandang Vietnam

Jelang Vietnam vs Indonesia, STY Optimis Hapus Rekor Buruk 19 Tahun Tak Pernah Menang di  Kandang Vietnam

Aksi Marselino Ferdinan saat menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis 21 Maret lalu--

HANOI, MEMORANDUM - Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2024 Zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi Selasa 26 Maret 2024 pukul 19:00 WIB. 

Meraih kemenangan di kandang Vietnam bisa dibilang sulit karena terakhir kali Indonesia berhasil menang atas The Golden Star yakni 19 tahun lalu pada 11 Desember 2004.

Saat itu Timnas Indonesia berhasil menang telak 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh di ajang Piala Tiger atau yang sekarang Piala AFF. Saat itu Indonesia masih diperkuat Boaz Salossa muda yang saat itu tampil mengesankan. 

BACA JUGA:Jelang Indonesia versus Vietnam, Menanti Debut Ragnar Oratmangoen

Meskipun sudah 19 tahun lalu terakhir kali timnas berhasil mengalahkan Vietnam di kandang, kali ini pelatih Shin Tae-yong akan berusaha untuk kembali membuat sejarah. Ia optimistis bisa menang atas The Golden Star di My Dinh besok. 

"Indonesia memang tidak pernah menang di Hanoi, Vietnam. Kalau begitu kali ini saya buktikan akan menang di leg kedua," kata STY

Bukan tanpa alasan pelatih asal Korea Selatan optimistis mampu menang di My Dinh, karena dalam dua pertandingan terakhir Indonesia bisa mengalahkan Vietnam. Yang pertama di ajang Piala Asia 2023 dan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2026 21 Maret kemarin di SUGBK. 

BACA JUGA:Timnas Indonesia Menang 1-0 atas Vietnam, STY Optimistis Bisa Menang di Hanoi

Timnas sendiri akan mendapatkan 2 suntikan pemain baru yang baru saja resmi menjadi WNI. Mereka adalah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang sudah bisa diturunkan pada pertandingan besok. Keduanya diharapkan bisa meningkatkan kualitas skuad garuda dengan pengalamannya di kompetisi Eropa. 

Indonesia sendiri sempat mendapatkan kabar kurang enak usai mengalahkan Vietnam pada Kamis 21 Maret lalu. Beberapa pemain dikabarkan terkena demam mereka adalah Rafael Struick, Ivar Jenner, M Riyandi, Yakob Sayuri. Sementara Sandy Walsh dan Nadeo Argawinata juga dikabarkan sempat demam namun tak dibawa ke Vietnam. Sandy Walsh harus absen karena akumulasi kartu kuning sedangkan Nadeo absen cedera. Satu lagi Mark Klok juga absen karena cedera. 

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Gol Tunggal Egy Bawa Indonesia menang 1-0 atas Vietnam

Manajer Timnas Indonesia sekaligus Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sumardji, membagikan kabar terbaru terkait kondisi para penggawa Skuad Garuda. Beberapa pemain masih terbaring sakit, termasuk Ivar Jenner.

Namun, Sumardji memastikan keadaan Rafael Struick telah membaik. Penyerang berusia 20 tahun itu diterbangkan ke Vietnam pada hari ini Senin 25 Maret 2024 untuk menyusul Timnas Indonesia.

"Saya baru saja teleponan. Kondisi pemain masih belum stabil menurut dokter tim yang standby monitor perkembangan anak-anak jam per jam. Kondisi mereka masih lemas dan pusing," ujar Sumardji.

Sumber: