Cuti Lebaran, BPJS Kesehatan Tulungagung Tetap Berikan Layanan Jaminan Kesehatan

Cuti Lebaran, BPJS Kesehatan Tulungagung Tetap Berikan Layanan Jaminan Kesehatan

Kacab BPJS Kesehatan Tulungagung Fitriyah Kusumawati dan jajaran.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Cuti bersama libur lebaran yang dimulai tanggal 8-15 April 2024 menjadi salah satu momentum yang banyak ditunggu masyarakat.

Tak sedikit yang memanfaatkan momentum ini untuk libur ke kampung halaman. Bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tak perlu khawatir dengan hal ini, mengingat BPJS Kesehatan berkomitmen tetap memberikan layanan selama periode cuti bersama dan libur lebaran pada tanggal 8-15 April 2024. Termasuk bagi peserta JKN yang melakukan perjalanan mudik.

BACA JUGA:Ini Kegunaan Kartu BPJS Kesehatan di Kantor Pertanahan Tulungagung

Hal ini disampaikan oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tulungagung, Fitriyah Kusumawati yang ditemui di kantornya pada Rabu 20 Maret 2024.

Fitriyah menyatakan, sesuai dengan perintah pimpinan, selama cuti lebaran nanti, peserta JKN yang melakukan perjalanan mudik bisa mengakses layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKPT) di lokasi tempat mudiknya.

 “Seperti saya asal Yogyakarta kemudian mudik ke Yogyakarta, saat cuti bersama dan libur lebaran saya dapat mengakses FKPT di Yogyakarta meski saya terdaftar di FKPT di Tulungagung,” ujarnya.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Imbau Masyarakat Gotong Royong Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Pihaknya menyebut, untuk BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung sudah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan yang meliputi wilayah Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Pacitan.

"Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN cukup menunjukkan NIK yang terdapat pada KTP untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas. Juga tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi," jelasnya.

Untuk memudahkan akses peserta JKN, pihaknya juga menyediakan Care Center 165 yang bisa dimanfaatkan untuk pencarian informasi fasilitas kesehatan terdekat saat melakukan perjalanan mudik, selain itu ada juga aplikasi Mobile JKN.

"Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat,” tuturnya.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti.

Ghufron mengungkapkan, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memudahkan peserta JKN dengan mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Prinsip tersebut bisa diwujudkan dalam pemberian jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, pihaknya telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024.

Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis, yakni di Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, rest area tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, rest area tol Palikanci KM 207A di Cirebon, rest area tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

"Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan. Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini," pungkasnya. (*)

Sumber: