Caleg Berhasil Raih Kursi karena Miliki Konsep Marketing Politik Mapan

Caleg Berhasil Raih Kursi karena Miliki Konsep Marketing Politik Mapan

Ikhsan Rosidi.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Lembaga survey Surabaya Survey Center (SSC) memaparkan, sedikitnya ada 6 faktor yang membuat calon legislatif (caleg) berhasil lolos dalam perebutan kursi DPRD tingkat kota.

Pertama, secara personal caleg-caleg yang berhasil lolos ke gedung dewan adalah mereka yang memiliki konsep marketing politik yang mapan.

"Artinya dirancang serius dari jauh-jauh hari sebagai program kampanye yang terintegrasi. Tidak melulu mengandalkan serangan fajar pada detik-detik akhir menjelang coblosan," papar peneliti senior SSC, Ikhsan Rosidi, Rabu, 6 Maret 2024.

Selanjutnya, caleg tersebut memiliki tim dan jaringan kerja politik dari berbagai latar belakang kelompok pemilih. Sehingga ceruk pemilih yang dijangkau lebih luas. Ketiga, investasi sosial politik jangka panjang yang telah ditanam caleg di masyarakat melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:Pakar Politik: Caleg Terpilih Harus Aktif Menyuarakan Kepentingan Rakyat

Hal ini dinilai Ikhsan berdampak secara langsung dan turut menjaga popularitas nama caleg di tengah masyarakat.

"Kemudian ada dukungan kinerja partai yang optimal sebagai mesin politik, sehingga caleg-caleg yang berhasil lolos mayoritas berasal dari partai besar yang relatif lebih memiliki struktur dan SDM yang lebih mapan," jelasnya.

Kelima, caleg yang berhasil meraup suara pemilih dan lolos tersebut,  tak terlepas dari kemampuannya dalam mengoptimalkan peran media, baik media massa, media internet maupun media sosial dalam penyebarluasan pesan-pesan kampanye.

"Dan terakhir, karena memiliki logistik dan sumber daya finansial yang memadai untuk membiayai kegiatan pencalonan dan kampanye," pungkasnya.(bin)

Sumber: