Bupati Blitar Hadiri Upacara Melasti Bersama Ribuan Umat Hindu di Pantai Jolosutro

Bupati Blitar Hadiri Upacara Melasti Bersama Ribuan Umat Hindu di Pantai Jolosutro

Bupati Blitar Hj Rini Syarifah atau akrab disapa Mak Rini menghadiri upacara Melasti di Pantai Jolosutro-Biro Blitar-

BLITAR, MEMORANDUM - Bupati Blitar Hj Rini Syarifah atau akrab disapa Mak Rini menghadiri upacara Melasti di Pantai Jolosutro, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, pada Minggu 3 Maret  2024.

Kehadiran Mak Rini disambut oleh puluhan ribu umat Hindu yang mengikuti upacara penyucian diri ini

Dalam sambutannya, Mak Rini mengucapkan  selamat mengikuti kegiatan Melasti bagi umat hindu di seluruh Kabupaten Blitar.   

"Saya  sangat menyambut baik atas digelarnya upacara Melasti ini, dimana merupakan ritual penyucian diri, sebagai salah satu rangkaian ibadah agama Hindu guna menyambut datangnya Hari Raya Nyepi," kata Mak Rini.

BACA JUGA:Bupati Blitar Mak Rini Buka Musrenbang Kecamatan Udanawu

Lebih lanjut, bupati perempuan pertama Bumi Penataran itu juga menyampaikan pentingnya nilai-nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

"Hakikatnya semua perayaan keagamaan ini merupakan suatu proses evaluasi. Proses evaluasi ini sangat dibutuhkan guna mencermati penyelenggaraan kehidupan di muka bumi ini agar selalu berada di jalur yang benar dan sesuai dengan ajaran agama," imbuhnya.

Mak Rini juga menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kerukunan, mengingat pesta demokrasi yang sedang berlangsung saat ini.

"Panjenengan semua harus tetap guyub rukun, menjaga tradisi gotong royong dalam berbagai kegiatan. Untuk itu, tahun ini, monggo kita menjaga sesuatu yang baik yang telah kita lakukan. Tetap bersinergi untuk memajukan Kabupaten Blitar," pungkasnya.

BACA JUGA:3 Tahun Jabat Bupati Blitar, Mak Rini Hadirkan Banyak Inovasi Permudah Masyarakat

Dalam agenda ini, Mak Rini didampingi oleh Sekretaris Daerah, Asisten, dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah. Selain itu hadir pula Forkopimcam Wates beserta puluhan ribu umat Hindu se-Kabupaten Blitar. (Adv/kmf/Nus/zan)

Sumber: