Rebut 27 Kursi DPRD Jatim, PKB Kuasai Indrapura

Rebut 27 Kursi DPRD Jatim, PKB Kuasai Indrapura

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur diprediksi memperoleh 27 kursi di DPRD Jawa Timur. Sebelumnya di Pemilu 2019, mendapat 25 kursi perwakilan di Indrapura.

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah menyampaikan, dari 14 daerah pilihan di Jawa Timur, PKB mendapat dua kursi sampai 3 kursi. “Artinya dapil lama yang 25 orang bertahan, dan bertambah dapil 10 dan 7 (dari 1 kursi menjadi 2 kursi,” tegas Anik Maslachah.

Anik menyebutkan, penambahan kursi di Jawa Timur menjadi puncak keberhasilan PKB di tangan Ketum Muhaimin Iskandar.”Setelah sukses di pemilu 2004 dan ketepurukan di Pemilu 2008. Kini PKB di Pemilu 2024 kembali mendulang sukses,” sebut Anik Maslacah.

BACA JUGA:Di Dapil Jatim II, PKB Raih 2 Kursi DPRD Jatim

Calon ketua DPRD Jawa Timur ini, menyampaikan  keberhasilan PKB tidak hanya di Jawa Timur. Tetapi tingkat nasional juga mengalami kenaikan. “Hari ini PKB tidak hanya Jatim, tetapi juga nusantara,” tegas politisi perempuan asal Sidoarjo ini.

BACA JUGA:Di Dapil Jatim II, PKB Raih 2 Kursi DPRD Jatim

Pemilu Tahun 2019, di DPR RI, PKB mendapat 58 kursi. Hitingan internal PKB di Pemilu 2024 ini, PKB mendapat 83 kursi. “Ada penambahan siknifikan. 

Tambahan kursi hingga 25 kursi ini, menjadi pemacu PKB dan kesuksesan pemimpin partai politik.

Faktor lain, mendongkrak suara PKB di Pemilu 2024 adalah dampak mesin politik PKB setelah Cak Muhaimin Iskamdar  dicalonkan menjadi calon wakil presiden 2024. “Efeknya memperkuat saksi. Salah satunya 100 % saksi di Jawa Timur,” kata Anik.

Kinerja caleg yang incumbent 25 orang juga menjadi faktor penentu kemenangan Pemilu 2024. “Dikomparasi dengan parpol lain, PKB 80 % mampu menghantar caleg incumbent,” tutup Anik. (day)

Sumber: