Kadiskoperindag Didampingi Kapolres Situbondo Cek Stok Pangan dan Harga Beras Jelang Ramadan

Kadiskoperindag Didampingi Kapolres Situbondo Cek Stok Pangan dan Harga Beras Jelang Ramadan

SITUBONDO – Diskoperindag bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Polres Situbondo melakukan pengecekan stok ketersediaan dan harga beras.--

SITUBONDO, MEMORANDUM- Diskoperindag bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Polres SITUBONDO melakukan pengecekan stok ketersediaan dan harga beras di tingkat selep atau penggilingan dan distributor yang ada diwilayah Kecamatan Panji Kabupaten SITUBONDO, Jumat, 1 Maret 2024.

Pengecekan dilakukan langsung oleh Kepala Diskoperindag Edy Wiyono, S.Sos, M.Si bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Dadang Aries Bintoro, S.Sos, M.Si, disampingi Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H, dalam rangka Cek Stok Pangan dan Harga di wilayah Situbondo mendekati bulan Puasa Ramadhan dan Lebaran nanti.

BACA JUGA:Polres Situbondo Sterilisasi Lokasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024

Pengecekan dilakukan di penggilingan beras UD. Karunia yang berlokasi Desa Panji Kidul Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji yang memproduksi beras medium sebanyak 20 sampai 25 ton setiap hari. 

BACA JUGA:Kapolres Situbondo Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian dan Purna Bhakti

Kemudian, rombongan menuju salah satu distributor beras Toko Rini Bangkit di jalan Irian Jaya Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji diperoleh keterangan harga beras mengalami penurunan selama kurun waktu 2 minggu. Beras yang tersedia adalah merk Th 55, merk Onde-Onde, merk Th 88, merk Enak dan merk Cantik.

Sedangkan untuk stok beras di Toko Rini Bangkit yakni kemasan 25 Kg sebanyak 50 sak per merk, kemasan 10 Kg sebanyak 30 Sak per merk, kemasan 25 Kg sebanyak 50 Sak per merk dan kemasan 5 Kg sebanyak 100 Sak per Merk.

Kepala Diskoperindag mengatakan pengecekan ini dilakukan oleh Polres Situbondo bertujuan untuk memastikan stok pangan dan harga di wilayah Situbondo mendekati bulan Puasa Ramadan dan Lebaran nanti.

Dari hasil pengecekan tersebut dipastikan bahwa stok ketersediaan beras aman mencukupi sedangkan harga gabah maupun beras mengalami penurunan dikarenakan sudah memasuki musim panen raya sehingga diprediksi harga beras ke depan akan terus mengalami penurunan.

“Hasil pengecekan di selep atau pengggilingan dan distributor untuk stok beras mendekati bulan Puasa sampai Lebaran nanti mencukupi dan harga beras sudah mulai mengalami penurunan,” terangnya. (*)

Sumber: