Satgana Pemula PMI Jember Ditempa Keahlian Tanggap Bencana

Satgana Pemula PMI Jember Ditempa Keahlian Tanggap Bencana

Satgana Pemula di gembleng pelatihan tanggap darurat bencana pasang tenda darurat-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Puluhan anggota Satuan Siaga Penanggulangan Bencana (Satgana) PMI Kabupaten Jember yang baru dibentuk mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus. Mereka digembleng dengan berbagai materi penting untuk menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana alam.

Materi yang diberikan meliputi Manajemen Tanggap Darurat, Assessment, Media, Bongkar Pasang Tenda, Penggarapan Rencana Aksi hingga Rencana Operasi Tanggap Darurat Bencana.

Diklat diawali dengan Apel Pasukan yang dipimpin oleh Kepala Markas PMI Kabupaten Jember, LetKol (Purn) Sumarno. Beliau menekankan pentingnya jiwa korsa kemanusiaan sebagai karakter kuat setiap personil Satgana.

Sumarno juga mengingatkan peserta untuk menjadi relawan PMI yang militan dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. "Mari kita senantiasa menjunjung tinggi jiwa korsa kemanusiaan yang menjadi karakter kuat setiap personil Satgana PMI, termasuk Satgana PMI Kabupaten Jember," tegasnya, Jum'at 1 Maret 2024.

BACA JUGA:SMAN Pakusari Sumbang 25 Kantong Darah untuk PMI Jember

Mamang Pratidina, Pengurus PMI Bidang Penanggulangan Bencana, turut menjadi pemateri dalam Diklat ini. Ia menekankan bahwa Satgana merupakan Tim Elit PMI yang harus siap tanggap dan ahli dalam menangani bencana.

"Satgana merupakan Tim Elit PMI yang siap tanggap dalam menangani bencana yang terjadi maka harus benar-benar ahli di bidangnya," kata Mamang Pratidina.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para anggota Satgana Pemula PMI Jember dapat menjadi relawan yang handal dan profesional dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana.(edy)

Sumber: