Pj Bupati Tulungagung Teken NPHD Pengamanan Pilkada 2024

Pj Bupati Tulungagung Teken NPHD Pengamanan Pilkada 2024

Pj Bupati Heru Suseno bersama Sekda Tri Haryadi dan Dandim 0807 serta Kapolres Tulungagung.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada 2024 oleh Pemkab Tulungagung dan Kodim 0807 Tulungagung serta Polres Tulungagung dilaksanakan pada Senin 26 Februari 2024.

Hadir dalam kegiatan itu Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno, Komandan Kodim 0807 / Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, serta Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Penandatanganan dilakukan dengan singkat. Kemudian dilanjutkan pemberian pernyataan kepada awak media.

Di hadapan awak media, Heru mengatakan, sesuai kemampuan keuangan daerah, total hibah yang diberikan kepada TNI untuk pengamanan Pilkada 2024 sebanyak Rp 1 miliar, kemudian untuk Polres Tulungagung sebesar Rp 4 miliar.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Ajak Warga Gunakan Hak Pilih di TPS

Heru menjelaskan, pencairan dana hibah akan dilakukan bertahap, setelah kedua belah pihak melengkapi syarat administrasi yang diperlukan.

Pihaknya berharap dalam waktu dekat sekitar bulan Maret, pencairan tahap pertama bisa dilakukan untuk kedua instansi. Kemudian maksimal saat pelaksanaan Pilkada 2024 nanti pencairan tahap selanjutnya bisa dilakukan.

"Ketika syarat administrasi sudah dilengkapi oleh Pak Dandim dan Pak Kapolres, pencairan sudah bisa dilakukan untuk tahap pertama. Selanjutnya ada tahapan lain saat pelaksanaannya nanti," ujarnya.

Heru ingin anggaran yang disediakan ini bisa dimaksimalkan untuk memastikan terciptanya keamanan dan ketertiban selama persiapan hingga pelaksanaan Pilkada 2024.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelar Rakor dan Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024

"Harapannya seperti itu, agar tercipta kamtibmas di masyarakat baik saat persiapan maupun saat pelaksanaan dan pasca pelaksanaannya," jelas Heru.

Sementara Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, anggaran yang telah disediakan oleh Pemkab Tulungagung tersebut akan dimaksimalkan untuk memastikan terciptanya keamanan dan ketertiban serta kenyamanan masyarakat Kota Marmer.

"Anggaran yang ada ini adalah hasil koordinasi dengan Pemkab Tulungagung. Harapannya dengan anggaran ini bisa kita maksimalkan dengan baik," terangnya.

Pihaknya berharap, pelaksanaan Pemilu 2024 yang sudah berjalan dan terlaksana dengan baik serta terciptanya kamtibmas tersebut bisa diterapkan juga dalam pelaksanaan Pilkada 2024 nantinya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelar Apel Besar di Awal 2024

Teuku mengakui, pihaknya sudah melakukan pemetaan potensi kerawanan. Nantinya, hasil pemetaan itu akan menjadi pembahasan pihaknya dalam mempersiapkan proses pengamanan.

"Tentu hasil pemetaan kita, akan disampaikan pada rapat terbatas guna membahas strategi dalam pelaksanaan pengamanan," pungkasnya.(fir/mad)

Sumber: