RPH Banjarsugihan Mampu Potong 200 Ekor Babi Setiap Hari

RPH Banjarsugihan Mampu Potong 200 Ekor Babi Setiap Hari

Wali Kota Eri Cahyadi meninjau RPH khusus babi di Banjarsugihan. --

SURABAYA, MEMORANDUM-Rumah potong hewan (RPH) khusus babi Banjarsugihan memiliki kapasitas pemotongan hingga 200 ekor babi per hari. Saat ini, RPH tersebut beroperasi empat kali seminggu, sehingga total pemotongan per minggunya mencapai 800 ekor.

Direktur Utama PD RPH Kota Surabaya, Fajar Arifianto Isnugroho menyatakan bahwa setelah RPH khusus babi direlokasi dari Pegirian ke Banjarsugihan, pihaknya langsung melakukan uji coba pemotongan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Aries Senam Bersama Guru

"Jadi kami sudah menetapkan masa uji coba, mulai hari Senin pekan lalu, sampai dengan Sabtu ini. Karena ini evaluasi kami sudah berjalan dengan normal, berjalan baik, adaptasi peralatan atau lainnya itu normal, karena proses penyesuaian," kata Fajar.

BACA JUGA:Wali Kota Eri Cahyadi Targetkan Imunisasi Polio Tuntas 100 persen di Hari Ketiga

Ia juga menjelaskan bahwa setiap malam, RPH khusus babi Banjarsugihan melakukan pemotongan sekitar 200 ekor. Pemotongan babi di RPH Banjarsugihan dilakukan seminggu empat kali. "Per hari itu sekitar 200an per malam. Karena ini sekarang motongnya masih seminggu empat hari, maka jumlahnya seperti itu," ujarnya.

Akan tetapi, Fajar memastikan akan terus berupaya untuk menambah kuantitas pemotongan babi di RPH Banjarsugihan. Meski, kata dia, peralatan potong di RPH Banjarsugihan masih menggunakan alat tradisional.

"Tantangan dari Pak Wali, kalau bisa per malam potong 500 (ekor), maka akan ada modernisasi peralatan alat potongnya. Kita kan sementara masih tradisional, masih sama dengan Pegirian. Jadi tempatnya baru, tapi peralatan masih lama," kata dia.. 

Selain itu, Fajar menyebut, RPH khusus babi Banjarsugihan telah dilengkapi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) dengan teknologi baru dan sangat representatif. Hal ini berbeda dengan di Pegirian yang masih dinilainya terbatas.

"Yang sekarang besar, kalau Pegirian sangat terbatas. Ini harapannya Pak Wali, kalau IPAL gede (besar), pemotongan meningkat, kita tidak akan repot lagi," pungkas dia. (alf)

Sumber: