Ada Pemilih Siluman, Satu TPS di Jombang Gelar Pemungutan Suara Ulang

Ada Pemilih Siluman, Satu TPS di Jombang Gelar Pemungutan Suara Ulang

Ilustrasi.--

JOMBANG, MEMORANDUM - Pemungutan suara ulang (PSU) terpaksa dilakukan di satu TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Kabupaten JOMBANG, Jawa Timur.

Kepastian PSU tersebut setelah Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten JOMBANG mengeluarkan rekomendasi atas PSU tersebut di TPS 06 Desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten JOMBANG.

Ketua Bawaslu JOMBANG Dafid Budiyanto mengatakan, bahwa PSU di TPS 06 Desa Losari dilaksanakan pada Selasa, 20 Februari 2024. Saat ini persiapan PSU mulai dilakukan.

"Ada PSU di Kecamatan Ploso. Tepatnya TPS 06 Desa Losari karena ada kesalahan administrasi," katanya, Senin 19 Februari 2024.

BACA JUGA:Dugaan Persoalan di 4 TPS, KPU-Bawaslu Kota Malang Belum Tentukan PSU

Menurut keterangan Dafid, digelarnya PSU di TPS 06 tersebut dikarenakan terdapat 21 pemilih siluman. Dimana mereka tidak terdaftar pada DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan).

"Mereka memilih menggunakan DPK (Daftar Pemilih Khusus) dengan memakai KTP untuk memberikan hak suaranya," terangnya.

Dafid menjelaskan, padahal untuk pemilih yang menggunakan dokumen kependudukan (KTP) harus warga setempat. Dan 21 pemilih tersebut merupakan warga luar Desa Losari, Kecamatan Ploso. Mereka berasal dari berbagai wilayah.

"Di antaranya dari Banten dan Samarinda. Karena ada kesalahan administrasi, akhirnya kita rekomendasikan untuk PSU," tukasnya.

BACA JUGA:KPU Surabaya Belum Tentukan PSU, Masih Fokus Inventarisir Surat Suara

Sementara itu, Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Jombang, Asad Choirudin membenarkan, bahwasanya ada PSU di TPS 06 Desa Losari Kecamatan Ploso. Pelaksanaan PSU tersebut besok pagi.

"Hanya satu TPS di Kabupaten Jombang yang menggelar PSU. Ada kesalahan administrasi saat pemungutan suara kemarin," ujarnya.

Asad menegaskan, untuk segala sesuatunya dalam pelaksanaan PSU di TPS 06 Desa Losari, KPU Jombang sudah mempersiapkan dengan maksimal. Tinggal menunggu hari H pelaksanaannya.

"Semuanya sudah kita persiapkan dengan maksimal, tinggal menunggu hati H. Untuk DPT di TPS 06 Desa Losari sebanyak 235 orang," pungkasnya.(yus)

Sumber: