Kapolres Jember Bersama Dandim 0824 Kompak Pimpin Apel Serpas Pengamanan Pemilu 2024

Kapolres Jember Bersama Dandim 0824 Kompak Pimpin Apel Serpas Pengamanan Pemilu 2024

Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi dan Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso pimpin Apel-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi dan Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso menunjukkan kekompakan dalam memimpin Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Pengamanan Pemilu 2024.

Apel ini dilaksanakan di Alun-alun Jember pada Senin pagi 12 Februari 2024 dan diikuti oleh 645 personel Polres Jember dan 450 personel Bantuan Perkuatan dari TNI. Pasukan ini akan bertugas mengamankan 7.705 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kabupaten Jember.

Kapolres Jember membacakan amanat Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, yang menekankan pentingnya pengamanan di TPS untuk memastikan proses demokrasi berjalan tertib, lancar, dan demokratis.

Kapolda juga menginstruksikan personel BKO untuk segera beradaptasi dengan wilayah dan memahami karakteristik masyarakat setempat untuk memudahkan penanganan permasalahan.

BACA JUGA:Kapolres Jember Pastikan Pengiriman Logistik Pemilu 2024 ke TPS Terpencil Mengendarai Jeep dan Jalan Kaki

Kapolres Jember menambahkan bahwa kekuatan pengamanan Polres Jember mencapai 645 personel, yang dibantu oleh 500 personel TNI. Mereka akan disebar di seluruh TPS di 31 kecamatan dan 248 desa/kelurahan di Jember.

Salah satu kerawanan yang dihadapi dalam Pemilu 2024 adalah distribusi logistik pemilu di daerah terpencil. Namun, pihak kepolisian telah memberikan bantuan untuk mengatasi masalah ini.

Kapolres menegaskan bahwa seluruh anggota TNI dan Polri telah memiliki aturan yang mengatur netralitas dalam Pemilu. Pihaknya dan Dandim telah memberikan arahan kepada anggota agar selalu mematuhi aturan netralitas pada setiap tahapan Pemilu.

Dandim 0824/Jember menjelaskan bahwa bantuan perkuatan TNI kepada Polri mencakup sekitar 500 personel. Mereka bertugas membantu perkuatan Polri di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polres Jember.

BACA JUGA:Jelang Pergeseran Personil ke TPS, Kapolres Jember Cek Kesehatan Personel

Dandim menegaskan bahwa koordinasi antara Polri dan TNI akan dilakukan jika terjadi permasalahan di TPS.

Apel Serpas ini menunjukkan kesiapan dan komitmen Polri dan TNI dalam mengamankan Pemilu 2024 di Jember. Dengan sinergi yang kuat, diharapkan Pemilu 2024 di Jember dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai.(edy)

Sumber: