Jelang Pergeseran Personil ke TPS, Kapolres Jember Cek Kesehatan Personel

Jelang Pergeseran Personil ke TPS, Kapolres Jember Cek Kesehatan Personel

AKBP Bayu Pratama Gubunagi didampingi oleh Wakapolres Kompol Jimmy H. Manurung saat memberi pengarahan kepada personel.--

JEMBER, MEMORANDUM-Jelang pergeseran pasukan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi S.H., S.I.K., M.Si memastikan kesehatan sebanyak 650 personel sebelum ditugaskan.

Hal tersebut terlihat pada kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh Polres Jember kepada seluruh personel Polres beserta Polsek jajaran pada hari Selasa (6/02/2024).

BACA JUGA:Sambut Liburan Panjang, Daop 9 Jember Beri Pelayanan Selamat, Aman, Nyaman, dan Berkesan

"Kita harus memastikan kondisi fisik personel dalam keadaan benar-benar fit, karena nantinya pada saat kegiatan pemilu mesti kerja ekstra. Oleh karena itu maka kami Polres Jember melaksanakan pemeriksaan kesehatan," ucap Bayu Pratama.

BACA JUGA:Rajut Kebersamaan, Kodim Jember Jalin Komunikasi dengan Pengusaha

Bayu Pratama menambahkan bahwa kegiatan cek kesehatan sendiri dilakukan oleh tim medis dokter kesehatan Polres Jember.

"Pemeriksaan kesehatan ini mencakup berbagai aspek, seperti tekanan darah, detak jantung, dan tes fisik lainnya," tambahnya.

"Untuk daerah khusus yang sulit dijangkau seperti di Bande Alit Kecamatan Tempurejo selain sehat secara fisik juga harus memiliki kriteria dan berusia di bawah 40 tahun," katanya.

Tindakan ini merupakan bagian dari persiapan menyeluruh Polres Jember untuk menghadapi Pemilu 2024 dengan maksimal. Kesehatan personel yang terlibat dalam pengamanan menjadi faktor krusial dalam menjamin kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pemilu.

"Dengan memastikan bahwa seluruh personel dalam kondisi prima, diharapkan mereka dapat menjalankan tugas pengamanan dengan baik, tanggap, dan responsif terhadap situasi yang mungkin timbul," katanya.

Selain aspek kesehatan, Bayu juga menjelaskan kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS tersebut terkait tugas dan tanggung jawab mereka dalam menjalankan pengamanan Pemilu.

Dengan kombinasi antara kesiapan fisik dan pengetahuan yang memadai diharapkan dapat menghasilkan pengamanan Pemilu yang efektif dan aman.

Kapolres juga turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan dapat berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan menjunjung tinggi semangat demokrasi.

"Dengan langkah-langkah persiapan yang matang, diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar," pungkasnya. (edy)

Sumber: