PWI Lamongan Gelar Baksos Donor Darah, Jelang Peringatan HPN dan HUT Ke- 78 PWI

PWI Lamongan Gelar Baksos Donor Darah, Jelang Peringatan HPN dan HUT Ke- 78 PWI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan menggelar bakti sosial donor darah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lamongan.--

LAMONGAN, MEMORANDUM-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), PWI Kabupaten Lamongan menggelar bakti sosial (baksos) Donor Darah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lamongan.

Bakti sosial donor darah ini sebagai rangkaian kegiatan perdana menjelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Lamongan, Jawa Timur.

Selanjutnya, acara puncak HPN jatuh pada tanggal 9 Februari 2024," kata Ketua PWI Lamongan, Kadam Mustoko disela - sela acara kegiatan bakti sosial donor darah. Selasa 6 Februari 2024.

BACA JUGA:Apel Gabungan Patroli Skala Besar di Mapolres Lamongan Songsong Bulan Bakti TNI-Polri 2024

Diungkapkan Kadam sapaan akrab Ketua PWI Lamongan, baksos donor darah ini merupakan agenda rutin setiap menjelang peringatan HPN. Hal ini di ikuti oleh pelajar hingga pengajar serta masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Pastikan Kesiapan Pemilu, Kejari Lamongan Monitoring ke KPU dan Gudang Logistik

Donor darah sudah membudaya bagi PWI Lamongan, oleh karena itu termotivasi berangkat dari tagline "Setetes Darah Anda Akan Menyelamatkan Nyawa Orang Lain".

Selain itu, bakti sosial donor darah, menurut Wartawan Harian Duta Masyarakat ini, "Untuk donor darah sasaranya pelajar, sebagai sarana edukasi kepada para pelajar untuk melakukan aksi kemanusiaan serta sebagai ajang berbagi juga menumbuhkan keperdulian sosial dan edukasi kesehatan," tutur Kadam.

Dikesempatan yang sama, diakui oleh salah satu pelajar SMAN 1 Lamongan, banyak keuntungan yang didapat setelah mengikuti donor darah PWI Lamongan.

"Utamanya tubuh menjadi lebih sehat, disampinh itu mengerti kondisi tubuh karena kan dilakukan cek kesehatan sebelum melakukan donor, serta pendidikan (edukasi) terkait budaya keperdulian sosial," kata Hardiati Sukmana Ayu.

"Ayu, juga berdoa agar dunia pers di Kabupaten Lamongan terus berkembang dan makin maju lagi. Ia juga berharap, siswi yang duduk dibangku kelas XII ini berharap agar kegiatan serupa bisa dilakukan terus disekolahnya.

"Selamat Hari Pers untuk wartawan di Lamongan, semoga terus bisa memberi kemanfaatan bagi sesama," ucap dia.

Diketahui, Hari Pers Nasional (HPN) ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985 oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985.

Sementara itu, total ada 33 pelajar dan guru serta perwakilan jurnalis Lamongan yang berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial donor darah ini dengan total 28 kantong darah yang terkumpul. (pul)

Sumber: