Penguatan Kapasitas dan Kinerja Pilar Sosial, Ini Pesan Pj Bupati Jombang

Penguatan Kapasitas dan Kinerja Pilar Sosial, Ini Pesan Pj Bupati Jombang

Pj Bupati Jombang Sugiat--

JOMBANG, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Sosial Kabupaten Jombang menggelar sosialisasi dan audiensi antara Pj Bupati Jombang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) pilar-pilar sosial di Hotel Yusro Jombang.

Pilar-pilar sosial tersebut yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Audiensi ini sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Jombang untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

"Hari ini kita berkumpul untuk membahas langkah-langkah strategis dalam penguatan kapasitas dan optimalisasi kinerja pilar-pilar sosial di Kabupaten Jombang," kata Pj Bupati Jombang Sugiat, Kamis (01/02/2024).

BACA JUGA:Soal Kenaikan PBB P2, Pj Bupati Jombang: Masyarakat Tak Perlu Cemas

Sugiat memalarkan, bahwa pilar sosial seperti PKH, Tagana, TKSK memiliki peran sentral dalam menjawab tantangan sosial di masyarakat dan merupakan bagian integral dari misi Pemerintah Kabupaten Jombang untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, Saya mendukung penuh terhadap upaya penguatan dan pemantapan SDM pada pilar-pilar sosial di Kabupaten Jombang yang memiliki peran penting dan kontribusi bagi masyarakat," paparnya.

Sugiat menjelaskan, oleh karenanya, melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman terhadap tugas dan tanggung jawab pilar sosial, dapat memastikan bahwa setiap program sosial dijalankan dengan optimal.

"Saya juga mengajak seluruh komponen masyarakat, mulai dari unsur pemerintah, swasta, hingga masyarakat umum untuk bersama-sama menciptakan ekosistem yang mendukung dan memudahkan pelaksanaan program-program ini," jelasnya.

Sugiat mengajak untuk bersama-sama berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Jombang sebagai contoh keberhasilan dalam penguatan kapasitas dan optimalisasi kinerja pilar-pilar sosial.

"Kita satukan tekad, kerja keras, dan semangat gotong royong untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Hari Purnomo menyampaikan, bahwa upaya penguatan kapasitas SDM pilar sosial ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Jombang dengan memberikan pelatihan, pembinaan, dan pengembangan sumber daya manusia di setiap pilar sosial. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, RSUD Jombang Raih 3 Penghargaan Sekaligus

"Diharapkan SDM PKH, TKSK, dan Tagana, yang berperan dalam membantu pemerintah Kabupaten Jombang mensukseskan berbagai program sosial untuk kesejahteraan masyarakat benar-benar mengerti dan memahami tugas dan tanggungjawab yang cukup besar dengan selalu meningkatkan kemampuan demi kemajuan Jombang," ujarnya.

Hari mengungkapkan, SDM pilar sosial yang aktif di Kabupaten Jombang meliputi unsur SDM PKH 159 orang, SDM TKSK 21 orang, dan SDM Tagana 40 orang. Materi sosialisasi diantaranya disampaikan Ketua Bawaslu Jombang David Budiyanto, yakni sosialisasi tentang penyelenggaraan pemilu yang luber jurdil.

"Semoga pembinaan dan arahan Pj Bupati Jombang menjadi motivasi bagi kita semua, terutama SDM pilar sosial untuk terus berkontribusi dalam pembangunan sosial di Kabupaten Jombang," pungkasnya. (yus)

Sumber: