Ternyata Labu Siam Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Ternyata Labu Siam Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan, Berikut Penjelasannya

labu siam--

BACA JUGA:Sayuran Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi, Apakah Ada? Cek Faktanya Berikut Ini

3. Menurunkan berat badan

Tak hanya tinggi serat, labu siam juga rendah kalori dan kaya akan kandungan protein serta karbohidrat kompleks. Berkat kandungannya tersebut, labu siam baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan ideal.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi labu siam, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Mencegah penuaan dini pada kulit

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan vitamin C di dalam labu siam dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh. Manfaat labu siam ini dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan kulit tampak kusam, muncul kerutan maupun garis halus, dan kulit terlihat kendur.

BACA JUGA:Rekomendasi Menu Makanan Sehat untuk Menambah Asupan Sayuran Daun-Daunan Hijau dan Buah Bervitamin C

5. Memelihara kesehatan jantung

Labu siam kaya akan serat dan mengandung antioksidan myricetin yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tersebut bekerja dengan cara melancarkan aliran darah ke pembuluh jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Meski demikian, manfaat labu siam untuk memelihara kesehatan jantung ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa labu siam memiliki sifat antikanker yang diduga dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukimia.

Namun, sama halnya dengan klaim manfaat lainnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas labu siam dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! 7 Sayuran Ini Bisa Dicoba untuk Salad dan Kaya Akan Nutrisi

Itulah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Meski menyehatkan, konsumsi labu siam saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Sumber: