Jarang Diketahui! Ternyata Asam Urat Bisa Sembuh Tanpa Obat, Berikut Ini Caranya

Jarang Diketahui! Ternyata Asam Urat Bisa Sembuh Tanpa Obat, Berikut Ini Caranya

Ilustrasi asam urat--

SURABAYA, MEMORANDUM - Penyakit asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi dapat mengkristal dan menumpuk di sendi, sehingga membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan tampak kemerahan jika dilihat dari luar.

Cara paling umum untuk menyembuhkan serangan asam urat adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, cara menyembuhkan asam urat tanpa obat juga bisa dilakukan agar kadar asam urat kembali normal dan Anda dapat beraktivitas dengan nyaman.

BACA JUGA:Pesona Keindahan Wisata Sumber Koso, Sumber Mata Air Kaki Gunung Lawu

Berikut ini adalah cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang perlu Anda ketahui :

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium

Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh magnesium sebanyak 340–360 miligram per hari . 

2. Mengonsumsi buah ceri

Buah ceri mengandung senyawa antosianin yang dapat menurunkan kadar asam urat serta meredakan nyeri akibat peradangan, termasuk peradangan di sendi. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ceri secara rutin dapat mencegah terjadinya serangan asam urat.

BACA JUGA:Anda tahu? Ini 10 Makanan yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

3. Mengonsumsi apel

Mengonsumsi apel juga termasuk dalam cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang bisa Anda lakukan. Hal ini karena apel mengandung asam malat yang dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari serangan asam urat yang bisa membuat sendi terasa nyeri.

Untuk mengendalikan asam urat, Anda disarankan untuk mengonsumsi hanya 1 buah apel setiap harinya. 

BACA JUGA:Inilah 7 Sumber Magnesium yang Lezat dan Baik untuk Kesehatan

4. Mengonsumsi biji seledri

Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang satu ini mungkin masih terdengar asing. Pasalnya, seledri sering dikonsumsi bagian batang atau daunnya.

Sementara itu, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa biji seledri juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat, termasuk menyembuhkan asam urat tanpa obat.

BACA JUGA:Inilah 9 Sumber Yodium yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

5. Meminum air rebusan daun jelatang

Daun jelatang dikenal sebagai daun yang bisa membuat gatal jika menyentuh kulit. Namun, di balik efek sampingnya tersebut, daun jelatang dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat.

6. Meminum air rebusan daun salam

Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan daun salam. Manfaat daun salam sendiri dalam mengatasi asam urat berasal dari beberapa kandungan antioksidan di dalamnya, yaitu flavonoid dan etanol, yang dapat mengurangi kadar asam urat di dalam darah.

BACA JUGA:Buah-buahan sebagai Sumber Serat: Pentingnya Konsumsi untuk Pencernaan yang Sehat

7. Menghindari konsumsi seafood dan daging merah

Membatasi atau berhenti mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi, termasuk seafood dan daging merah beserta jeroannya, juga bisa Anda lakukan sebagai cara menyembuhkan asam urat tanpa obat. Pasalnya, purin dapat memicu asam urat mengkristal.

Sumber: