PD Pasar Surya Pastikan Lahan Parkir Keputran Utara, Trotoar dan Jalan Steril dari Pedagang

PD Pasar Surya Pastikan Lahan Parkir Keputran Utara, Trotoar dan Jalan Steril dari Pedagang

Kondisi depan Pasar Keputran Utara.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Perusahaan daerah (PD) Pasar Surya terus melakukan penataan Pasar Keputran Utara supaya semakin rapi dan tertib.

Dirut PD Pasar Surya Agus Priyo mengatakan, pihaknya bersama satpol PP sebagai penegak trantibum terus berkoordinasi untuk melakukan penghalauan pedagang yang menggelar lapak di trotoar, parkiran dan jalan. 

BACA JUGA:Harga Cabai di Pasar Surabaya Semakin Pedas, Naik 200 Persen

"Penertiban ini kami lakukan bersama Satpol PP  karena ada pedagang di lantai 2 turun jualan di bawah. Alasannya karena mereka karena di bawah ada yang jualan. Itu yang membuat pedagang di lantai 2 mengaku nggak laku jualannya. Akhirnya kami melakukan langkah sosialisasi supaya mereka kembali berjualan di tempat yang telah disediakan. Dan alhamdulillah mereka mengerti dan naik, " kata Agus Priyo diwawancarai Memorandum. 

BACA JUGA:Denim Asal Spanyol  Gebrak Pasar Surabaya

Pihaknya dibantu satpol PP akan terus melakukan penghalauan. Terutama jalur pejalan kaki atau pedestrian yang harus steril dari pedagang.

"Mudah mudahan tetap terjaga seperti ini, yang kami minta kepada pedagang adalah seluruh trotoar itu harus steril dari PKL. Karena kalau masih ada satu dua pedagang yang tidak tertib, pedagang yang lain ikut ikutan dan menjamur lagi. Dampaknya akan semrawut dan akan susah pengunjung mau naik, " jelasnya. 

Seperti diketahui, pengunjung dan pedagang sambat mengenai lahan parkir yang digunakan untuk berdagang.

Akibatnya, masyarakat yang hendak datang guna membeli kebutuhan dapur bingung parkir. Selain itu, juga berdampak pada sepinya lapak pedagang yang berada di lantai 2.

Agus Priyo kembali menegaskan bahwa hal ini menjadi atensi pihaknya. Sebab tak dapat dipungkiri, petugas saat melakukan pengawasan di lokasi kucing-kucingan dengan pedagang.

"Iya benar kadang masih ditemukan pedagang yang mokong berjualan di jalan. Meski demikian teman teman Satpol sudah berusaha semaksimal mungkin. Biasanya ketika ada petugas mereka kabur, ketika petugas lewat mereka jualan lagi. Ini kadang kadang yang membuat pedagang yang sudah tertib malah justru ikut ikutan, " bebernyam

Saat ini, PD Pasar Surya sedang berusaha mendorong pedagang mokong untuk berjualan di lantai 2. Dengan begitu, kawasan Pasar Keputran Utara semakin steril dan bersih.

"Sudah kami dorong untuk jualan di lantai 2. Yang diparkiran kita tertibkan memang ada beberapa yang menaruh dagangannya di atas motor. Terus yang di ujung itu sudah punya izin,  itu jualannya di tempatnya sendiri tapi menjorok ke parkiran sudah kita imbau juga, " jelasnya. 

Ia menegaskan tidak ada tebang pilih dalam melakukan penertiban pedagang yang tak patuh aturan.  Penertiban dan patroli ini terus dilakukan, harapannya pedagang terpusat menjadi satu berjualan di dalam Pasar Keputran. Dengan upaya ini pasar semakin rapi dan nyaman pengunjungnya.

Sumber: