Ingin Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

Ingin Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bibir

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Jerawat bisa muncul di mana saja, termasuk di bibir. Masalah kulit ini bisa mengganggu penampilan hingga menimbulkan nyeri jika meradang. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi Jerawat di bibir.

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi akibat adanya sumbatan pada folikel rambut di permukaan kulit yang berisi sebum dan sel-sel kulit mati. Biasanya jerawat akan muncul pada area yang memiliki banyak kelenjar minyak, seperti wajah, leher, punggung, dada, pundak, dan bahu.

BACA JUGA:Fakta di Balik 8 Mitos Menghilangkan Jerawat

Penyebab Jerawat di Bibir

Kelenjar minyak secara alami akan menghasilkan sebum atau minyak alami kulit yang berguna untuk melumasi rambut dan kulit. Namun jika berlebihan, sebum dan sel kulit mati dapat menumpuk di folikel rambut dan menyumbatnya.

BACA JUGA:Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Amankah?

Kondisi kulit seperti ini menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Apabila hal ini terjadi, maka akan muncul peradangan yang akhirnya menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:Inilah Solusi Tepat Hentikan Kebiasaan Memencet Jerawat

Selain jerawat, ada juga masalah kulit yang rentan muncul di sekitar bibir, yaitu infeksi virus herpes simpleks. Penyakit ini ditandai dengan benjolan atau lepuhan di bibir yang umumnya muncul berkelompok pada suatu area permukaan kulit. 

Jika diperhatikan sekilas, benjolan ini mungkin tampak mirip seperti sekumpulan jerawat.

BACA JUGA:Inilah 4 Makanan yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Perbedaan Jerawat dan Herpes Simpleks

Yang membedakan keduanya adalah jerawat bisa muncul di area tubuh lain, sementara  herpes simpleks cenderung muncul di satu area saja. Herpes simpleks ini umumnya muncul di area mulut atau kemaluan.

BACA JUGA:Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Sumber: