Benarkah Merokok Menurunkan Kualitas Sperma? Cek Faktanya Berikut Ini

Benarkah Merokok Menurunkan Kualitas Sperma? Cek Faktanya Berikut Ini

Bahaya merokok--

 

SURABAYA, MEMORANDUMMerokok memang buruk bagi tubuh dan dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Namun, apakah benar merokok juga dapat menurunkan kualitas sperma? Mari simak faktanya berikut ini.

BACA JUGA:Sudah Berkali-Kali Mencoba Tapi Gagal, Coba 6 Tips Berhenti Merokok Ini

BACA JUGA:Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Bantu Berhenti Merokok? Fakta atau Mitos?

Hubungan Merokok dengan Kualitas Sperma

Pada setiap kemasan rokok tertulis peringatan bahwa merokok bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit, seperti serangan jantung, kanker, gangguan kehamilan, dan termasuk impotensi.

Peringatan tersebut dibuat bukan tanpa alasan. Pasalnya, paparan berbagai bahan kimia dalam rokok, seperti timah, kadmium, dan nikotin pada sistem reproduksi pria bisa menurunkan kualitas sperma, mulai dari konsentrasi, pergerakan, bentuk, hingga materi pembentuk (DNA) sperma.

BACA JUGA:Vape Ternyata Timbulkan Dampak Lebih Parah Ketimbang Rokok Konvensional

Penelitian menemukan bahwa konsentrasi sperma pria perokok turun sebanyak 23%, sperma bergerak 13% lebih lambat, dan bentuk sperma yang abnormal lebih banyak jumlahnya.

Penurunan kualitas ini menyebabkan sperma sulit untuk membuahi sel telur, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan. Kerusakan DNA sperma akibat merokok juga dinilai meningkatkan risiko keguguran, gangguan perkembangan janin, bahkan cacat lahir.

Penurunan kualitas sperma ini umumnya dialami perokok sedang dan berat yang menghabiskan lebih dari 10 batang rokok per hari.

BACA JUGA:Tembakau Tidak Hanya untuk Rokok, Ini 5 Kegunaan Lainnya

BACA JUGA:Waspada! Dampak Buruk Merokok Bukan Hanya untuk Perokok Aktif

Nah dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa merokok memiliki dampak negatif dan menurunkan kualitas sperma pria itu memang nyata. Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang cobalah untuk berhenti merokok. 

Sumber: