Pj Wali Kota Malang Perkuat Jurus Kendalikan Inflasi

Pj Wali Kota Malang Perkuat Jurus Kendalikan Inflasi

Sinergi dan kolaborasi mengendalikan inflasi di Kota Malang.--

MALANG, MEMORANDUM - Meski di tahun 2023 tingkat inflasi di Kota Malang dapat dikendalikan, Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM tidak mau lengah.

Berbagai arahan dan penekanan tugas disampaikan saat pelaksanaan Rakor TPID Kota Malang dalam evaluasi tahun 2023 dan rencana program TPID Kota Malang tahun 2024, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Kamis tanggal 11 Januari 2024.

Wahyu Hidayat menginstruksikan pada seluruh anggota TPID Kota Malang untuk melaksanakan beberapa hal, yaitu melanjutkan Gerakan Pangan Murah; panen cabai akhir Desember; pengembangan tanam cabai melalui urban farming; kerjasama tanam cabai; pemantauan harga; penguatan Warung Tekan Inflasi.

Selanjutnya, Wahyu menekankan pentingnya melakukan pengadaan, pemeliharaan serta pemanfaatan cadangan pangan pemerintah daerah; penguatan koordinasi seluruh BUMN terkait pangan dalam rangka Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan (SPHP); optimalisasi High Level Meeting; rehab akses jalan jembatan pada jalur distribusi; sidak pasar; membangun komunikasi yang efektif.

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Gelontor Rp2 Miliar

Wahyu mengatakan semua pihak perlu menguatkan komunikasi dalam merumuskan berbagai langkah strategis.

“Saya berharap momentum kegiatan ini menjadi ruang berdiskusi secara terbuka dan konstruktif untuk merumuskan program kerja yang lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan-perubahan yang mungkin terjadi. Tidak hanya menetapkan target-target yang tepat, tetapi juga merancang strategi yang terukur, inovatif, dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas langkah-langkah pengendalian inflasi di Kota Malang,” jelasnya.

Pj Wali Kota mengharapkan 9 langkah konkrit dalam pengendalian inflasi daerah yang telah dilaksanakan selama ini perlu dilakukan lebih sistematis diimplementasikan dan dievaluasi.

“Mari kuatkan bersama upaya yang akan kita jalankan agar inflasi Kota Malang dapat terus terkendali. Saya yakin, dengan kerja keras dan sinergi yang baik, TPID Kota Malang dapat mengendalikan inflasi di tahun 2024,” ujarnya optimis.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang terangkum bahwa inflasi di Kota Malang pada bulan Desember 2023, inflasi berdasarkan month to month sebesar 0,22 %, year to year pada angka 2,56% dan year to date ada di 5,56 %. Capaian ini berada dibawah rata-rata Provinsi Jawa Timur dan nasional. (pkp/ari)

Sumber: