Amankah jika Bayi Mengonsumsi Nanas? Cek Fakta Berikut Ini

Amankah jika Bayi Mengonsumsi Nanas? Cek Fakta Berikut Ini

buah nanas--

SURABAYA, MEMORANDUM - Nanas merupakan buah yang cukup populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Meski banyak digemari, ada juga orang tua yang ragu untuk memberikan buah ini kepada anaknya, terutama anak yang masih bayi.

BACA JUGA:Fakta! Buah Nanas Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lantas amankah jika bayi mengonsumsi nanas?

Fakta Keamanan Bayi Mengonsumsi Nanas

Sama seperti buah lainnya, Seorang ibu tidak perlu ragu untuk memberikan nanas kepada Si Kecil sebagai. Buah yang menyegarkan ini sudah bisa dikenalkan kepada Si Kecil sejak awal masa MPASI, yaitu di usia 6 bulan.

Nanas kaya akan vitamin C yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar bayi kuat melawan virus dan bakteri, sehingga ia tidak mudah sakit. Selain itu, vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, nanas juga mengandung flavonoid dan asam fenolik. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, Si Kecil akan terbebas dari risiko berbagai macam penyakit kronis.

BACA JUGA:9 Manfaat Air Rebusan Nanas untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Perhatikan Hal Ini sebelum Memberikan Nanas kepada Bayi

Meski memberikan manfaat bagi kesehatan Si Kecil, memberikan nanas kepada bayi juga dapat menimbulkan reaksi tertentu. Buah ini mengandung asam sitrat yang berpotensi mengiritasi saluran pencernaan, terutama jika bayi sedang menderita refluks asam lambung.

Senyawa ini juga bisa membuat tinja bayi bersifat asam sehingga dapat mengiritasi kulit di area popok. Hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya ruam popok, terutama bila kebersihan area popok kurang terjaga.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Perkembangan Anak

Selain itu, nanas berisiko memicu alergi, terutama jika di dalam keluarga ada riwayat alergi makanan, asma, atau eksim. Jadi, pastikan selalu memperhatikan setiap reaksi Si Kecil usai makan nanas.

Biasanya, bayi yang alergi terhadap pepaya, alpukat, pisang, mangga, melon, tomat, dan kiwi juga akan alergi pada nanas.

Sumber: