Terpilih Nahkodai PWNU Jatim, Ini Kata Pengasuh Ponpes Tebuireng

Terpilih Nahkodai PWNU Jatim, Ini Kata Pengasuh Ponpes Tebuireng

KH Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.-Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - PWNU Jatim (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur) kini dinahkodai oleh KH Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Penunjukkan Gus Kikin sebagai Pj (Penjabat) Ketua PWNU Jatim berdasar hasil rapat gabungan Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang dilaksanakan pada Rabu, 10 Januari 2024.

Gus Kikin menuturkan, bahwa ia sudah menyiapkan langkah pertama yang akan dilakukan ketika memimpin lembaga tersebut. Memang awalnya Gus Kikin ditawari untuk menjadi Ketua PWNU Jatim.

"Dan itu saya anggap biasa, karena saya juga pernah berada di pengurus PWNU Jatim," tuturnya, Kamis 11 Januari 2024.

BACA JUGA:KH Abdul Hakim Mahfudz Tebu Ireng Jombang Jadi Pj Ketua PWNU Jatim

Namun Gus Kikin menandaskan, karena keputusan itu merupakan hasil dari rapat gabungan Tanfidziyah dan Dyuriah PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) di Jakarta.

"Bagi saya kalau ada yang lain bersedia, lebih bagus. Tapi karena keputusan ini hasil rapat gabungan, ya sudah saya ikut keputusan rapat gabungan itu," tandasnya.

Setelah ditunjuk sebagai Pj Ketua PWNU Jatim, Gus Kikin mengungkapkan, bahwa ia akan melakukan taaruf (perkenalan) terlebih dulu kepada yang lainnya. Karena memang Gus Kikin sudah lama tidak berkecimpung di PWNU Jatim.

"Juga untuk mengetahui apa yang sudah dilakukan, yang bagus kita lanjutkan. Inovasi-inovasi akan kita lakukan. Ya, intinya kita mengalir saja," ungkapnya.

BACA JUGA:PBNU Copot Jabatan KH Marzuki Mustamar dari Ketua PWNU Jatim, Diduga Karena Hal Ini

Kemudian Cicit dari Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari ini memaparkan, terkait persiapan Musywil Musyawarah Wilayah (Muswil) PWNU Jatim sudah ada perangkat dan mekanismenya.

"Soal itu sudah ada mekanismenya, perangkatnya sudah ada, sekretarisnya juga ada. Semuanya sudah standar," pungkasnya.

Perlu diketahui, Gus Kikin merupakan putra Almarhum KH Mahfudz Anwar dan Nyai Hj Abidah Ma'shum. Dari jalur ayah, nasabnya bersambung kepada KH Anwar bin Alwi, pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang, Jombang.

Dari jalur ayah ini, Gus Kikin terhitung masih adik sepupu KH Anwar Manshur, pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo, yang saat ini juga menjabat sebagai Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim.

BACA JUGA:KH Marzuki Mustamar Diberhentikan dari Jabatan Ketua PWNU Jatim

Sedangkan dari jalur ibu, nasabnya bersambung kepada Nyai Hj Khoiriyah Hasyim, putri sulung Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari, yang diperistri KH Ma’shum Ali, ahli falak asal Gresik dan pengarang kitab Amtsilah Tasrifiyah, atau kakak kandung KH Adlan Ali Cukir. (yus)

Sumber: