Kesehatan Jadi Unsur Penting Kesiapan Polres Malang dalam Pengamanan Pemilu Secara Menyeluruh

Kesehatan Jadi Unsur Penting Kesiapan Polres Malang dalam Pengamanan Pemilu Secara Menyeluruh

Anggota Polres Malang saat jalani pemeriksaan kesehatan.--

MALANG, MEMORANDUM-Polres Malang dalam menciptakan situasi yang kondusif, pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari nanti menjadi atensi nomer 1. Hal itu dibuktikan dengan persiapan yang dilakukan, tidak hanya jumlah personil yang bakal diterjunkan.

Namun juga kesehatan personil juga menjadi perhatian khusus, dalam menjalankan pengamanan saat berlangsungnya Pemilu nanti. Sebagai langka antisipasif Polres Malang melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) pada seluruh personil yang ada.

"Karena kesehatan personil menjadi arti penting dalam menjalan tugas, terutama nanti saat lakukan pengamanan Pemilu," terang, Ipda M Adnan Kasihumas Polres Malang, Rabu, 10 Januari 2024.

BACA JUGA:Cegah Polio, Dinkes Kota Malang Segera Laksanakan Sub PIN

Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) secara berkala zona 4 tahun 2024, pada Rabu (10/1) berlangsung di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang. Kegiatan ini diimplementasikan sebagai langkah proaktif, guna memastikan kesehatan optimal personel dalam rangka mempersiapkan diri menjelang pengamanan Pemiu 2024 nanti.

BACA JUGA:Polres Malang Bongkar Penyalur Buruh Migran Gelap ke Luar Negeri Pakai Visa Wisata

Rikkes berkala merupakan salah satu upaya nyata Kepolisian dalam memberikan layanan kesehatan menyeluruh terhadap anggotanya. Tujuannya adalah agar seluruh personel tetap dalam kondisi prima saat menjalankan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya.

"Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan secara berkala dan menyeluruh guna memastikan, bahwa kondisi kesehatan personel tetap terkontrol terutama menjelang pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024," kata, Adnan.

Adnan menambahkan, pemeriksaan kesehatan tidak hanya melibatkan anggota Polri, tetapi juga melibatkan seluruh pejabat utama, kapolsek, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Polres Malang beserta Polsek jajaran. Sebanyak 222 personel turut serta dalam kegiatan ini, menjalani pemeriksaan yang melibatkan pengambilan sampel darah dan urin, pemeriksaan kesehatan gigi dan mata, rekam jantung, hingga tes kesehatan jiwa.

Selain memberikan pemahaman mengenai kondisi kesehatan, kegiatan Rikkes ini juga menjadi momentum untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan secara menyeluruh bagi personel yang memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas keamanan di masyarakat.

Diharapkan, dengan melibatkan seluruh unsur kepolisian dalam kegiatan ini, tingkat kesehatan dan kebugaran personel dapat ditingkatkan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024 dengan optimal dan responsif terhadap berbagai situasi yang mungkin timbul. (kid)

Sumber: