Tingkatkan Kapasitas Pelatihan dan Tempatkan Petugas Kelurahan di Balai RW Layani Pengurusan Adminduk

Tingkatkan Kapasitas Pelatihan dan Tempatkan Petugas Kelurahan di Balai RW Layani Pengurusan Adminduk

Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan peningkatan kemampuan petugas pelayanan administrasi kependudukan atau adminduk di balai RW.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan peningkatan kemampuan petugas pelayanan administrasi kependudukan atau adminduk di balai RW.

Ema Agustina selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan menjabarkan, perlu diketahui pelayanan adminduk di Kota Surabaya kian mudah dan terjangkau, warga tidak perlu repot repot datang ke kelurahan untuk mengurus adminduk, karena pemkot telah menyediakan pelayanan di balai RW terdekat untuk mempercepat pengurusan adminduk. 

"Pengurusan adminduk ini mudah dan pelayanannya cepat," kata Ema kepada Memorandum. 

BACA JUGA:1.187 Balai RW Direnovasi, Urus Adminduk Cukup di Balai RW Saja

Kabar baik bagi masyarakat, pemkot juga menambah pelayanan lainnya seperti layanan kesehatan, layanan pemberdayaan perempuan, dan pengajuan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

BACA JUGA:Pelayanan Adminduk Selesai 24 Jam, Kecuali KTP Konvensional

Ema Agustina menjabarkan, untuk mendukung terobosan ini agar berjalan maksimal telah dilaksanakan peningkatan kapasitas berupa pelatihan serta pendampingan untuk petugas kelurahan yang ditempatkan di Balai RW antara lain untuk pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan IMB, dan lain lain. 

"Pelatihan dan pendampingan tersebut dilaksanakan oleh masing masing OPD terkait kepada petugas kelurahan yang bersangkutan, " ujarnya. 

Untuk memaksimalkan pelayanan di balai RW, menurutnya infrastruktur balai RW telah direnovasi secara keseluruhan supaya pelayanan berlangsung nyaman. Setidaknya sudah menuntaskan renovasi Balai RW sebanyak 1.187 unit. 

"Terkait kesiapan pelayanan pada Balai RW, telah dilaksanakan penyediaan sarana secara serentak pada tahun 2022 dan perbaikan balai RW secara serentak pada tahun 2023," jelas Ema. 

Selain perbaikan balai RW, sarana pendukung lainnya juga telah tersedia di balai RW dengan demikian diharapkan pelayanan di balai RW akan semakin baik.

"Untuk penyediaan sarana dan perbaikan balai RW dapat senantiasa dilakukan pemenuhannya atau peremajaannya melalui dana kelurahan yang telah teralokasi pada masing masing kelurahan, " pungkasnya. (alf)

Sumber: