RW 4 Mrutu Kalianyar Helat Posyandu Sebagai Upaya Lindungi Balita dari Penyakit Menular

RW 4 Mrutu Kalianyar Helat Posyandu Sebagai Upaya Lindungi Balita dari Penyakit Menular

Para balita jalani imunisasi di Balai RW 4 Mrutu Kalianyar.-Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Kegiatan Posyandu untuk balita dan anak masih masif digalakkan di Surabaya. Seperti yang terlihat di Balai RW 4 Mrutu Kalianyar, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, Selasa, 2 Januari 2024.

Di sana puluhan balita dan anak bersama orang tuanya tampak antusias menjalani imunisasi. Satu per satu mereka mengantre untuk mendapatkan suntik polio, campak hingga pemberian multivitamin.

Nur Asiyah, salah satu Kader Surabaya Hebat (KSH) yang bertugas di lokasi mengatakan, kegiatan imunisasi rutin dilakukan. Pihaknya bekerja sama dengan puskesmas setempat.

“Imunisasi ini penting agar para balita dan anak-anak terlindungi dari berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi,” terangnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Kemerdekaan, Warga RT 2 Mrutu Kalianyar Jalan Sehat dan Senam Bersama

Total ada sebanyak 185 balita di wilayah RW 4 Mrutu Kalianyar. Guna efisiensi waktu, kegiatan posyandu dihelat pada dua titik lokasi. Yakni, di Balai RW 4 dan Balai RT 8 Mrutu Kalianyar.

Selain pemberian imunisasi, dalam kegiatan Posyandu juga memberikan asupan kesehatan seperti pemberian vitamin A dan vitamin C, serta pemberian makanan tambahan (PMT) berupa buah-buahan, sayuran bergizi, dan biskuit.

“Harapannya dengan pemberian imunisasi secara terjadwal pada balita, maka bisa memberikan perlindungan kepada balita dari penyakit campak dan penyakit menular lainnya, serta memberikan antibodi kepada anak,” tandasnya.

Para KSH dan bidan dari puskesmas terlihat mengawal dengan baik jalannya Posyandu. Mulai dari menyuntikkan imunisasi, menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, hingga memberikan penyuluhan kepada orang tua balita.

BACA JUGA:Posyandu RW 4 Mrutu Kalianyar Diserbu Balita dan Anak

“Alhamdulillah, di RW 4 Mrutu Kalianyar ini sudah tidak ada balita yang bergejala stunting, semuanya tumbuh sehat,” beber Nur.

Sementara itu, salah satu orang tua balita, Farida Erlin, merasa terbantu dengan adanya kegiatan Posyandu. Pelayanannya pun nyaman dan ramah anak.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Anak perempuan saya tadi menerima imunisasi campak. Menurut saya, kegiatan Posyandu ini sangat bermanfaat dan harus terus didukung,” tutur Erlin.(bin)

Sumber: