Manfaat Konsumsi Makanan Pedas yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Makanan Pedas yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan

-Istimewa-

MEMORANDUM - Bagi banyak orang Indonesia, makanan tak lengkap tanpa sentuhan cita rasa pedas. Meski kerap dihubungkan dengan gangguan kesehatan, seperti maag atau diare, konsumsi makanan pedas dapat memberikan manfaat kesehatan selama dilakukan dengan bijak.

Manfaat utama dari mengonsumsi makanan pedas berasal dari senyawa aktif bernama capsaicin. capsaicin adalah senyawa unik yang memberikan rasa pedas dan panas pada berbagai bahan makanan, seperti cabai, paprika, jalapeno, dan lada.

BACA JUGA:Ternyata Makanan Pedas Memiliki Dampak Baik Untuk Tubuh, Inilah 5 Manfaatnya

 

Manfaat Konsumsi Makanan Pedas:

1. Menurunkan Berat Badan

Capsaicin yang umumnya terkandung dalam makanan pedas dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Beberapa penelitian menyatakan bahwa senyawa ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak, menghasilkan energi, serta menghambat nafsu makan sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama. 

Konsumsi makanan pedas dapat membantu dalam menjaga berat badan dan mendukung program penurunan berat badan.

BACA JUGA:Cokelat, Makanan Manis yang Kaya Manfaat

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi makanan pedas dikaitkan dengan peningkatan kemampuan tubuh untuk memecah lemak, yang dapat mengurangi  risiko hipertensi dan kolesterol tinggi. Dengan menurunnya risiko terkena hipertensi dan kolesterol tinggi, kesehatan jantung dapat lebih terjaga.

BACA JUGA:Tetap Kenyang dan Sehat, 5 Makanan Karbohidrat ini Cocok untuk Diet

3. Mendukung Pertumbuhan Bakteri Baik di Usus

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa capsaicin dalam makanan pedas mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Ini memiliki peran penting dalam melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pertumbuhan bakteri baik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit.

Sumber: