Cokelat, Makanan Manis yang Kaya Manfaat

Cokelat, Makanan Manis yang Kaya Manfaat

Cokelat, Makanan Manis yang Kaya Manfaat-Unsplash-

MEMORANDUM - Cokelat merupakan salah satu makanan manis yang paling populer di dunia. Cokelat terbuat dari biji kakao yang telah difermentasi dan diolah.

Cokelat memiliki rasa yang lezat dan aroma yang khas.

Selain rasanya yang lezat, cokelat juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan:

•    Meningkatkan kesehatan jantung

Cokelat mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, dan meningkatkan aliran darah.

•    Meningkatkan fungsi otak

Cokelat mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan. Antioksidan dapat membantu meningkatkan daya ingat, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, dan meningkatkan fungsi otak lainnya.

•    Meningkatkan suasana hati

Cokelat mengandung senyawa yang dapat meningkatkan suasana hati. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, hormon yang berperan dalam meningkatkan suasana hati.

 

BACA JUGA:Tetap Kenyang dan Sehat, 5 Makanan Karbohidrat ini Cocok untuk Diet

BACA JUGA:Olahan Susu Menjadi Tren Masa Kini, Ini 5 Rekomendasinya

•    Meningkatkan kesehatan kulit

Cokelat mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan dapat membantu mengurangi keriput, garis-garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

•    Meningkatkan kesehatan pencernaan

Cokelat mengandung prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Prebiotik adalah makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri baik ini berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Namun, perlu diingat bahwa cokelat juga mengandung kalori dan gula. Oleh karena itu, konsumsi cokelat haruslah secukupnya. Konsumsi cokelat sebanyak 25-50 gram per hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. (*)

Sumber: