7 Buah untuk Menaikkan Trombosit dan Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

7 Buah untuk Menaikkan Trombosit dan Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

-Istimewa-

Bit dapat dimanfaatkan sebagai buah untuk menaikkan trombosit. Ini karena bit mengandung vitamin C, folat, dan zat besi yang berperan dalam pembentukan darah.

BACA JUGA:Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

7. Labu Kuning 

Berbeda dengan bit, labu kuning justru sering dikira sebagai sayuran, padahal labu kuning tergolong dalam buah-buahan. Labu kuning merupakan salah satu sumber vitamin K. Meski tidak secara langsung dapat meningkatkan trombosit, vitamin K bermanfaat bagi orang yang memiliki jumlah trombosit rendah dan berisiko mengalami perdarahan.

BACA JUGA:Buah Belimbing Bisa Menurunkan Kolestrol Cuma Mitos?

Selain mengonsumsi buah untuk menaikkan trombosit, makanan lain yang juga diyakini dapat meningkatkan trombosit adalah makanan yang mengandung zat besi, seperti daging sapi, daging kambing, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau, serta makanan yang mengandung vitamin B12, seperti hati sapi, kerang, dan telur.

BACA JUGA:Apakah Bayi Boleh Mengonsumsi Buah Srikaya? Simak Penjelasan Berikut Ini

Jika mengalami gejala penurunan trombosit, seperti mudah memar, mimisan, gusi berdarah, ruam merah di kulit, atau perdarahan yang sulit berhenti, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. (*)

Sumber: