Antusiasme Warga Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Surabaya

Antusiasme Warga Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Surabaya

Warga antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo saat kunjungan di Gereja Bethany Jalan Nginden Intan Timur I, Sukolilo, Surabaya.-Arif Alfiansyah-

Sebelumnya Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan bahwa Pemerintah Kota Surabaya bersama masyarakat dan arek arek Suroboyo siap menjaga toleransi menjelang perayaan Natal Nasional yang akan dipusatkan di Kota Pahlawan tersebut.

Cak Eri nama sapaan akrab Wali Kota Surabaya itu mengungkap, bahwa perayaan keagamaan tersebut dipastikan akan berjalan dengan aman.

“InsyaAllah akan dilakukan Natal Nasional di Kota Surabaya tepatnya Gereja Bethany. InsyaAllah Surabaya akan dijaga oleh warga Surabaya yang penuh dengan toleransinya, umat  muslim pasti akan ikut menjaga,” ungkapnya. 

Menjelang perhelatan keagaaman tersebut, Cak Eri telah berkoordinasi dengan organisasi keagamaan dalam menjamin toleransi umat beragama di Kota Surabaya.

“Masyarakat Surabaya khususnya yang beragama muslim toleransinya sangat tinggi karena kita juga diajarkan bagimu agamamu, dan bagiku agama ku,” tegas orang nomor satu di Surabaya itu.

Eri berharap, warga muslim di Kota Surabaya bersikap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yang juga turut berkontribusi dalam menjaga dan mengamankan perayaan Hari Natal di seluruh Gereja Surabaya.

“InsyaAllah Surabaya akan dijaga oleh warga Surabaya yang penuh dengan toleransinya,” kata Cak Eri.

Dirinya juga telah meminta agar pihak keamanan memberikan pengarahan kepada gereja untuk pengamanan selama Hari Raya Natal. 

Sementara itu, dari jadwal yang diterima, sebelum menghadiri ibadah Natal Nasional, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke dua kabupaten di Jatim. Yakni Banyuwangi dan Sidoarjo.

Pagi hari, Jokowi akan terbang dari Bandara Adi Sumarmo Solo dengan Pesawat Khusus Kepresidenan menuju Bandara Internasional Banyuwangi. Selanjutnya, rombongan menuju Lapangan Maron Genteng Banyuwangi dengan kendaraan darat.

Tiba di Lapangan Maron Genteng Banyuwangi, Jokowi mengikuti kegiatan Acara Matur Suwun Pak Jokowi oleh Paguyupan Penerima Manfaat Tora & PS Banyuwangi.

Lalu, rombongan Jokowi menuju Pasar Genteng untuk melakukan peninjauan dan pembagian bantuan. Selanjutnya, rombongan berlanjut ke Kantor Pos Genteng Banyuwangi dilanjutkan kegiatan pembagian BLT El Nino.

Pukul 10.05 WIB, Presiden RI beserta rombongan menuju kantor PCNU Banyuwangi untuk melakukan kegiatan pertemuan dengan tokoh agama. Namun, kegiatan ini maish tentatif.

Siang harinya, Jokowi dan rombongam take off menuju Bandara Internasional Juanda Sidoarjo. Setelah sampai di Sidoarjo, rombongan menuju PT Maspion 1 Sidoarjo. Di sana, Jokowi melakukan kegiatan peninjauan, silaturahmi dan makan siang bersama karyawan.

Selanjutnya, Rombongan menuju GOR Sidoarjo dengan kendaraan darat. Di sana, Jokowi melakukan pembagian sertifikat tanah.

Sumber: