Cegah Kecurangan, Bawaslu Bojonegoro Gelar ToT Saksi Parpol Peserta Pemilu 2024

Cegah Kecurangan, Bawaslu Bojonegoro Gelar ToT Saksi Parpol Peserta Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Training of Trainer (ToT) Pelatihan Saksi Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu -Biro Bojonegoro-

BOJONEGORO, MEMORANDUM - Sebagai amanah yang diberikan oleh Undang-Undang dalam mengawasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan melakukan pelatihan saksi partai politik peserta Pemilu 2024.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Training of Trainer (ToT) Pelatihan saksi Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Tahun 2024.
 
Kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bojonegoro ini digelar selama dua diikuti para saksi baik itu saksi yang berasal dari Partai Politik maupun saksi dari Tim Pemenangan serta Pengawas Kecamatan.

Anggota Komisoner Bawaslu Bojonegoro Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat M Zaenuri menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjelang dilakukannya pelatihan saksi dan bimbingan teknis untuk pengawas TPS.

BACA JUGA:Masuki Masa Kampanye, Bawaslu Bojonegoro Optimalkan SDM, Strategi Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran

“Jadi ToT ini sendiri dilakukan untuk diterapkan ke jajaran pengawas TPS dan Saksi Parpol dalam melakukan bimbingan teknis bagi pengawas TPS yang sudah terpilih dan saksi Parpol yang sudah di tunjuk oleh partai peserta Pemilu," kata Moch Zaenuri.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Handoko Sastro Hadi Wijoyo mengatakan, ToT ini sangat penting dilakukan hal itu dikarenakan saksi dari Partai Politik nantinya akan melakukan pengawasan di masing-masing TPS.

“Ini sangat penting bagi teman-teman saksi semua, agar nantinya saksi ini akan menjalankan tugasnya sampai selesai,"  jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro.

Menurutnya, dengan menjalankan setiap tugasnya dengan serius, para saksi akan mengurangi potensi kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu yaitu dengan memiliki bukti yang kuat dan data-data yang sesuai di lapangan.

BACA JUGA:Ketua Bawaslu Bojonegoro Apresiasi Polri Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

“Sehingga Pemilu 2024 menjadi Pemilu yang adil, jujur dan berdaulat tanpa adanya kecurangan,"  pungkas Ketua Bawaslu Bojonegoro.(top)

Sumber: