Mitos atau Fakta, Apakah Minum Air Dingin Membakar Lebih Banyak Kalori?

Mitos atau Fakta, Apakah Minum Air Dingin Membakar Lebih Banyak Kalori?

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Tak hanya menyegarkan, minum air dingin juga katanya dapat membantu penurunan berat badan, lho. Ini karena minum air dingin dipercaya dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Benarkah demikian? Mari simak faktanya di artikel ini.

Pada dasarnya, minum banyak air putih memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan minum air putih, terutama sebelum makan, bisa membantumu untuk menurunkan nafsu makan dan membuatmu lebih cepat kenyang.

BACA JUGA:3 Manfaat Minum Air Dingin Setelah Olahraga

Fakta Minum Air Dingin Membakar Lebih Banyak Kalori

Anggapan bahwa minum air dingin dapat menurunkan berat badan karena membakar lebih banyak kalori nyatanya tidak sepenuhnya salah, lho. Sebuah studi menyebutkan, minum segelas air dingin bisa membakar sekitar 8 kalori lebih banyak dibandingkan dengan minum air bersuhu ruangan.

Hal tersebut bisa terjadi karena saat minum air dingin, tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyesuaikan suhu air yang dikonsumsi dengan suhu tubuh. Selain itu, saat mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, metabolisme di dalam tubuh juga meningkat akibat terjadinya proses thermogenesis.

BACA JUGA:Ini Lho Manfaat Minum Air Putih yang Cukup untuk Tubuh

Kendati demikian, perbedaan jumlah kalori yang dibakar setelah minum air dingin sebenarnya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan minum air hangat atau air bersuhu ruangan.

Jika pola dan jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak disesuaikan dan hanya mengandalkan konsumsi air dingin saja, maka target penurunan berat badan pun akan sulit tercapai.

BACA JUGA:5 Kesalahan yang Tidak Disadari Saat Minum Air Putih dan Ketahui Dampak Buruknya Bagi Tubuh

Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk menurunkan berat badan secara efektif tidak cukup hanya dengan mengandalkan minum air dingin saja. Selain itu, salah satu hal yang perlu dicermati adalah jangan sampai kesehatan terabaikan hanya karena fokus mengejar penurunan berat badan.

BACA JUGA:Perlu Diketahui! 5 Waktu Terbaik Minum Air Putih

Untuk menurunkan berat badan dengan cara yang lebih sehat dan efektif, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

Sumber: