Mahasiswa UPN Veteran Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Strategi Pemasaran Digital

Mahasiswa UPN Veteran Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Strategi Pemasaran Digital

Mahasiswa UPN Veteran Jatim mengajarkan strategi pemasaran digital terharap pelaku UMKM.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Strategi pemasaran digital menjadi salah satu kunci agar produk produk UMKM bisa dikenal dengan luas oleh masyarakat. Namun sayangnya banyak UMKM lokal yang belum memahami bagaimana penggunaan strategi yang tepat untuk mempromosikan dan memasarkan produknya melalui media sosial yang saat ini sangat berkembang.

Akmal Azmi mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim yang juga selaku ketua KKN MBKM dari LPPM UPN Veteran Jatim menyebutkan bahwa sinergi antara berbagai elemen termasuk mahasiswa dengan UMKM tentu jadi hal yang penting.

“Menurut saya kerjasama mahasiswa dengan UMKM ini jadi hal yang penting. Kami para mahasiswa tentu dengan senang hati mendampingi para UMKM untuk mengajarkan Strategi pemasaran digital sehingga produk UMKM bisa dikenal secara luas bahkan bisa bersaing dengan produk global,” kata Akmal.

Beberapa Strategi pemasaran digital yang diajarkan oleh para mahasiswa KKN yang berjumlah 10 mahasiswa dengan program KKN MBKM dari LPPM UPN Veteran Jatim tersebut diantaranya pengenalan media sosial untuk promosi penjualan, pembuatan konten dan foto produk, hingga rebranding kemasan sesuai dengan tren yang berkembang di masyarakat.

BACA JUGA:Kelompok 1 KKN Tematik UPN Veteran Jatim Redesign UMKM Lokal Desa Randuputih

“Dari kerjasama dengan mahasiswa ini saya harap bisa mewujudkan UMKM lokal agar semakin berkembang. Saya juga sangat berterima kasih dan berharap kerjasama ini akan berkelanjutan” jelas Achmad Kusjairi, pemilik Dapur Oneng Bangkalan.

Ia mengaku menyayangkan banyak pelaku UMKM lokal yang belum begitu memahami pentingnya pemasaran digital. Bahkan sebagian dari mereka pun juga tidak memiliki akses untuk mewujudkan digitalisasi ini.

Untuk mewujudkan mimpi UMKM naik kelas melalui digitalisasi ini pun Kusjairi menyambut para mahasiswa yang ingin bekerjasama dengannya untuk mengenalkan terkait strategi pemasaran digital kepada dirinya dan pegawainya.

BACA JUGA:KKNT UPN Veteran Jawa Timur Bersama Posyandu dan Bidan Desa Gelar Sekolah Orang Tua Hebat di Desa Randuputih

“UMKM di sini banyak yang belum paham strategi media sosial, termasuk saya sendiri, masih pemula mencoba media sosial. Saya berharap ada bantuan dan kerjasama, seperti dari para mahasiswa untuk mendukung UMKM naik kelas,” pungkasnya.(alf)

Sumber: