Antisipasi Kelelahan, DPRD Surabaya Minta Pemkot Sediakan Suplemen dan Vitamin Bagi Petugas KPPS

Antisipasi Kelelahan, DPRD Surabaya Minta Pemkot Sediakan Suplemen dan Vitamin Bagi Petugas KPPS

Arif Fathoni.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Komisi A DPRD Surabaya mendorong Pemkot Surabaya untuk menjamin kesehatan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas menjaga TPS pada Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya dengan memberikan suplemen dan vitamin.

Ketua Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni mengatakan, hal tersebut perlu agar para petugas KPPS memiliki stamina dan kondisi kesehatan yang baik saat melaksanakan tugasnya mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara selesai.

BACA JUGA:Antisipasi Pengangguran, DPRD Surabaya Minta Pemkot Berinovasi Optimalkan Aplikasi ASSIK

"Selain batas usia KPPS maksimal 55 tahun, ini tentu langkah-langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi sebagaimana pemilu 5 tahun lalu di mana banyak petugas KPPS kita yang meninggal karena faktor kelelahan," ujar Arif Fathoni, Selasa, 12 Desember 2023.

BACA JUGA:DPRD Surabaya Minta Pemprov Ikut Bantu Danai Underpass Bundaran Dolog

Politikus Golkar ini berharap, dengan pemberian suplemen dan vitamin tidak ada lagi petugas KPPS yang jatuh sakit hingga meninggal dunia seperti saat Pemilu 2019 lalu. 

"Paling tidak pemkot memiliki kewajiban untuk menyukseskan pemilu ini dengan bagus, salah satunya memberikan suplemen vitamin terhadap seluruh petugas KPPS yang bertugas pada 14 Februari mendatang," kata Toni sapaan lekatnya. 

Di sisi lain, Toni mendengar adanya wacana panel-panel penghitungan suara. Wacana tersebut cukup bagus, karena dapat mengurangi beban kerja petugas KPPS. 

"Sehingga (KPPS) tidak terlalu kelelahan. Ini kan pesta demokrasi yang menentukan arah kepempimpinan bangsa 5 tahun mendatang, mudah-mudahan segala manajemen risiko telah diperhitungkan dengan baik oleh KPU," katanya

"Namun di antara semua itu kita tentu sama-sama berdoa agar peristiwa seperti Pemilu 2019 lalu tidak terjadi lagi," pungkas Toni yang juga Ketua Golkar Surabaya ini. (bin)

Sumber: