Mahasiswa Sosiologi Unair Bahas Potret Indonesia Tahun 2045

Mahasiswa Sosiologi Unair Bahas Potret Indonesia Tahun 2045

Persiapan yang dilakukan maasiswa Uniar sebelum acara.--

SURABAYA, MEMORANDUM- Sejumlah mahasiswa Sosiologi FISIP Unair yang mengambil mata kuliah Perencanaan, Rekayasa Sosial dan Pengembangan Skenario punya gawe unik bertajuk Eksibisi Indonesia Cemerlang 2045. Kegiatan yang akan berlangsung di Gedung FISIP Unair, 14-15 Desember 2023, itu bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam merancang, menginiasi, mengelola serta menciptakan perubahan sosial bermakna.

Tujuan tersebut dicapai dengan mengkombinasikan pendekatan pembelajaran kolaboratif, kooperatif, serta berbasis proyek (Project-based learning).Nah, buah  karya dari implementasi pembelajaran tersebut adalah terselenggaranya Eksibisi Indonesia Cemerlang 2045.

BACA JUGA:Mahasiswi Unair Dipastikan Tewas Bunuh Diri, Polisi: Gas Freon AC Penyebabnya Bukan Helium

“Dalam eksibisi ini dipaparkan 12 tema transformasi menuju Indonesia Cemerlang 2045, antara lain pendidikan, kesehatan, pemberantasan korupsi, penataan kota, perubahan iklim, mitigasi dan adaptasi bencana, pengentasan kemiskinan, otonomi daerah, penyelesaian pelanggaran HAM berat, reformasi Polri dan Kejaksaan, serta masalah Papua,” tutur Dr Daniel Theodore Sparringa, penanggung jawab mata kuliah Perencanaan, Rekayasa Sosial dan Pengembangan Skenario, Sosiologi FISIP Unair, Selasa, 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Tekan DBD dengan Menyebarkan Nyamuk Wolbachia, Guru Besar Unair Beri Tanggapan

Buah pemikiran dan agenda transformasi para mahasiswa tersebut diwujudkan dalam bentuk aneka simulasi visual. Melalui Eksibisi Indonesia Cemerlang 2024, sambung Daniel, mereka menyampaikan Skenario Indonesia 2045 yang diharapkan amampu memantik perdebatan reflektif tentang masa depan bangsa ini. 

Di hari pertama eksibisi akan dilakukan diskusi dan curah pendapat tentang Skenario Indonesia Cemerlang 2045 serta isu-isu kritis yang menghadang, dipandu Daniel Sparingga. Acara akan dibuka oleh Staf Khusus Menteri PPN/Bappenas,Sekjen AIPI Chairil Abdini dan dihadiri sejumlah tokoh terkait, akademisi, serta mahasiswa lintas program studi. (*)

Sumber: