Penyebab Mata Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Terus Berair dan Cara Mengatasinya--

5. Bulu mata tumbuh ke dalam

Dalam dunia medis, bulu mata tumbuh ke dalam dan melukai mata dikenal dengan istilah trichiasis. Bulu mata yang tumbuh ke dalam dapat bergesekan dengan bola mata. Hal ini dapat menimbulkan rasa perih dan iritasi, sehingga memicu mata menghasilkan lebih banyak air mata.

6. Saluran air mata tersumbat

Setelah melakukan fungsinya untuk melumasi bola mata, air mata dibuang melalui saluran air mata. Jika saluran tersebut mengalami penyumbatan, air mata tidak akan mengalir dengan baik sehingga menggenang di permukaan mata dan membuat mata berair terus.

BACA JUGA:Bahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Merugikan Kesehatan Mata

Cara Mengatasi Mata Berair Terus

  • Mencuci mata

Saat mata terkena iritasi atau alergi, Anda bisa membersihkan mata dengan menggunakan obat tetes berisi air mata buatan. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan mata dengan campuran air hangat dan sampo bayi. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membantu melancarkan aliran air mata.

  • Penggunaan obat tetes mata

Pada kebanyakan kasus, pemberian obat tetes mata dinilai membantu agar mata berair terus dapat teratasi dengan cepat. Namun, karena obat tetes mata memiliki kandungan yang berbeda-beda, pemberiannya harus disesuaikan dengan penyebab terjadinya mata berair terus.

  • Operasi

Metode ini umumnya perlu dilakukan untuk mengatasi mata berair terus yang disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata, misalnya karena kelainan bawaan lahir atau tumor di hidung.

Operasi juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan pada mata, seperti entropion, yang menyebabkan bulu mata menusuk mata dan membuat mata banyak berair.

Mata berair terus umumnya memang tidak memerlukan penanganan medis. Namun, bila kondisi ini tidak kunjung membaik atau disertai keluhan mata merah, nyeri, dan gangguan penglihatan, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai.

Sumber: