Unair Gelar Festival Halal, Menyinergikan Peluang dan Potensi Menuju Usaha Mikro Kecil Naik Kelas

Unair Gelar Festival Halal, Menyinergikan Peluang dan Potensi Menuju Usaha Mikro Kecil Naik Kelas

Adiwarman Karim saat menyampaikan materi. 2.Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Mohammad Nasih. --

“Unair berkontribusi dan berpartisipasi untuk memfasilitasi bagi UMKM yang ingin mendapatkan sertifikat halal atas produknya. Dan kita akan proses dan bantu sampai mendapatkan sertifikat halal,” kata M Nasih.

Sejauh ini Unair sudah menerbitkan sertifikat UMKM sebanyak 4563. Ini kontribusi Unair untuk UMKM dan ini akan kita dorong terus dan pihaknya berharap bisa lebih banyak lagi. Unair tentu akan berikhtiar agar sertifikasi ini ada dampak dan manfaat yang diperoleh oleh kawan kawan UMKM.

“Manfaat sertifikasi halal bagi UMKM ini secara psikologis akan mendongkrak penjualan, karena konsumen akan lebih aman lebih nyaman dan tentu lebih yakin untuk memilih produk itu,” jelasnya.

Lebih jauh disampaikan, stempel halal itu akan lebih meyakinkan customer dalam rangka melakukan proses pemilihan khususnya untuk produk yang mengandung hewan baik ayam maupun sapi.

“Ini yang kita dorong terus manfaatnya tadi juga sudah ada salah satu pengakuan dari pelaku UMKM. Jadi penjualannya akan meningkat dengan adanya sertifikasi halal,” terang dia.

Di proses berikutnya nanti, Unair akan dorong terus agar mereka bisa bertumbuh dari UMKM menjadi UMK dari yang mikro menjadi kecil.

Sebagai tambahan, kegiatan ini dihadiri oleh ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) binaan Halal Airlangga. Termasuk hadir pula motivator UKM Coach Joko Wardiyanto. (alf)

Sumber: