28 CGP Panen Hasil Belajar di Lamongan, Jawab Tantangan Merdeka Belajar

28 CGP Panen Hasil Belajar di Lamongan, Jawab Tantangan Merdeka Belajar

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 8 wilayah mitra Provinsi Jawa Timur, di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan--

LAMONGAN, MEMORANDUM -Bupati LAMONGAN Yuhronur Efendi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 8 wilayah mitra Provinsi Jawa Timur.

Diikuti sebanyak 28 calon guru penggerak (CGP), di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Senin 4 Desember 2023.

BACA JUGA:Penjual Nasi Goreng Tambak Asri Nyambi Edarkan Sabu

Dihadapan CGP angkatan 8 (delapan) yang berasal dari guru TK 4 orang, SD 8 orang, SMP 8 orang, dan SMA/SMK 8 orang, Bupati yang akrab disapa Pak Yes menuturkan.

BACA JUGA:Waspadai Berita Hoaks, Bawaslu Jatim Perkuat Pengawasan Pemilu 2024

Guru penggerak merupakan teladan pengimbasan (menggerakan guru lain untuk perubahan pendidikan) serta memberdayakan peserta didik dalam merdeka belajar.

“Saya yakin semua sudah memahami bahwa, pendidikan ini bukan hanya sekedar mengajar atau mengejar hasil pada belajar ini.

Namun kita melakukan ini semua paham bahwa, pendidikan ini adalah untuk melahirkan generasi-generasi ke depan generasi-generasi pembaharu yang akan menjawab panggilan dan tantangan zaman,” tutur Pak Yes.

Usai menempuh pembelajaran selama 6 (enam) bulan Pak Yes mebgapresiasi perjuangan yang telah dilalui para CGP angkatan ke 8.

“Saya yakin untuk melampaui fase ke 7 ini telah melalui tahapan perjuangan. Bagaimana membagi waktu antara keluarga, kedinasan, sekolah, tapi akan menjadi indah pada saatnya.

Karena perjuangan ini sangat luar biasa bagi menamkan pendidikan bagi generasi yang akan datang,” imbuh Pak Yes.

Sementara itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Lamongan, Pemkab Lamongan setelah memiliki 1000 guru pengimbasan.

Meluhat hal tersebut, Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur Abu Khaer menyampaikan terima kasih atas dukungan dalam pengimplementasian kebijakan merdeka belajar guru penggerak Kabupaten Lamongan. 

“Para guru penggerak Kabupaten Lamongan telah membagi praktek baik hasil belajar pendidikan guru yang telah diikuti, yang telah di imbaskan kepada kawan-kawan guru yang belum berkesempatan karena suatu hal sebagai peserta.

Sumber: