Biodata Eko Londo, Pelawak Legendaris yang Dikenal dari Panggung Srimulat

Biodata Eko Londo, Pelawak Legendaris yang Dikenal dari Panggung Srimulat

eko londo--

SURABAYA, MEMORANDUM - Salah satu Pelawak Surabaya legendaris yang dikenal dari panggung Srimulat, Cak Eko Londo atau Eko Tralala tutup usia.

Kabar Eko Londo meninggal dibagikan oleh sahabatnya, Cak Suro melalui media sosial TikTok. 

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang saudara kita Eko Kuncoro/Cak Eko Londo pagi ini Jumat pkl. 07.30" tulis Cak Suro

Srimulat adalah kelompok lawak Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo di Surakarta pada tahun 1950. 

BACA JUGA:Profil Kombes Ade Safri Simanjuntak yang Berani Menetapkan Ketua KPK Firli Dalam Kasus Pemerasan Mentan SYL

Berikut Biodata Eko Londo

Eko Londo lahir di Surabaya pada Agustus 1957 silam dan memiliki nama asli Eko Untoro Kurniawan. Pria berusia 66 tahun ini dikenal sebagai pelawak yang tergabung dalam grup Srimulat.

Cak Eko Londo merupak anak dari pasangan Ong Hwa Tjoe dan Andreana Helena Kohen. Pria berdarah Belanda ini sejak kecil tergila-gila pada Srimulat. Bahkan, ketika ada pentas Srimulat, ia akan merengek minta diantar melihat. Ternyata rasa cinta itu berlanjut hingga ia dewasa.

Tahun 1980-an, Eko pun memberanikan diri melamar menjadi anggota Srimulat. Saat itu Srimulat sudah mulai disebut-sebut sebagai grup lawak paling tenar, tetapi masih terbatas pentas di Surabaya dan Jawa Timur saja dan belum melebarkan sayapnya ke Solo, Semarang, maupun Jakarta.

Pada saat itu Teguh (pendiri Srimulat) menolaknya dengan halus karena pada saat itu pelawak Srimulat terkenal dengan wajahnya yang kurang ganteng semua. 

BACA JUGA:Profil dan Jejak Karir Achsanul Qosasi, Presiden Madura United yang Jadi Tersangka Korupsi BTS

Tapi karena sangat inginnya ia bergabung dengan Srimulat, ia tak kekurangan akal. Ia terus main ludruk dari satu pentas ke pentas lain, bermain ludruk bersama Jalal (pelawak) dan juga dengan Cak Tohir yang membentuk Ludruk Gelora 10 November.

Kelucuannya ia muncul di panggung, mulai acara Agustusan di kampung-kampung hingga ke restoran mewah maupun hotel atas inisiatif pengusaha maupun pejabat.

Di situlah nama Eko mulai dikenal. Dia pun sedikit memberi embel-embel namanya dengan sebutan Eko Handai Taulan Hawai Five O John Aloha. Julukan itu muncul begitu saja. Khusus yang Aloha, karena ia sering diminta pentas di Restoran Aloha.

Sumber: