Lestarikan Budaya Gotong-royong, TNI-Polri Bareng Warga Pasang Bronjong Cegah Longsor

Lestarikan Budaya Gotong-royong, TNI-Polri Bareng Warga Pasang Bronjong Cegah Longsor

TNI bersama warga masyarakat memasang bronjong di tanggul sungai-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - TNI-Polri bersama warga Desa Karang Pring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember melaksanakan karya bakti pemasangan bronjong di tanggul sungai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya longsor saat musim penghujan.

Karya bakti yang dipimpin langsung oleh Danposramil 0824/30 Sukorambi, Peltu Hariyanto tersebut melibatkan 25 warga, personel Posramil 0824/30 Sukorambi, Tim dari Dinas Pengairan, Bhabinkamtibmas, dan Satpol PP Kecamatan.

Menurut salah satu warga, Jumali, warga memang mengajukan dilakukannya plengsengan, namun karena kondisi medannya sulit sehingga ditangani dengan penggunaan bronjong.

"Kalau tidak dibronjong saat musim hujan turun akan terjadi longsor. Kita sangat berterima kasih Danramil Sukorambi bersama anggota Polsek turun bersama anggotanya, sehingga pengerjaan pemasangan bronjong sepanjang 50 meter setinggi 3 meter ini, dapat dikerjakan dengan cepat," ujar Jumali, Jum'at 24 November 2023.

BACA JUGA:Kodim Jember Gelar Funbike HUT Ke-78 TNI

Danposramil 0824/30 Sukorambi, Peltu Hariyanto, membenarkan adanya keresahan warga terkait kerawanan longsor di lokasi tersebut.

"Hal ini sebagai kepedulian kita terhadap keselamatan warga sekaligus sebagai bagian dari mitigasi bencana alam, guna mengantisipasi datangnya musim penghujan," jelasnya.

Menyikapi kegiatan tersebut, Dandim 0824/Jember, Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, menyampaikan bahwa pihaknya telah memerintahkan kepada jajarannya untuk menginventarisir dan melakukan langkah-langkah mitigasi bencana, terutama di aliran-aliran sungai.

"Ini dalam rangka mengantisipasi menjelang musim penghujan, agar tidak terulang lagi, kita harus bersama-sama melakukan langkah-langkah mitigasi saat ini, senyampang belum musim penghujan," jelas Dandim 0824/Jember.

BACA JUGA:Semarak Panggung Prajurit TMMD Kodim Jember, Sinergi Lintas Sektoral Wujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Kegiatan karya bakti ini merupakan salah satu upaya TNI untuk terus bersinergi dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat melestarikan budaya gotong-royong di masyarakat.(edy)

Sumber: