Kenali Dampak Negatif Tingginya Kadar Kolestrol Terhadap Kesehatan Mata

Kenali Dampak Negatif Tingginya Kadar Kolestrol Terhadap Kesehatan Mata

Pemeriksaan mata secara rutin penting untuk mendeteksi dini berbagai penyakit mata, termasuk yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.-pixabay-

MEMORANDUM-Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam tubuh manusia. Kolesterol dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh, memproduksi hormon, dan membantu penyerapan vitamin. Namun, tinggi nya kadar Kolesterol dapat menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan mata.

Kolesterol dibutuhkan untuk membuat sejumlah hormon penting, seperti hormon stres kortisol. Kolesterol juga digunakan untuk membuat hormon seks menjadi testosteron, progesteron, dan estrogen.

Selain itu, kolesterol juga berguna bagi hati untuk membuat empedu, cairan yang berperan penting dalam pemrosesan dan pencernaan lemak.

BACA JUGA:Mengatasi Mata Merah, Ini Penyebab dan Cara Efektif untuk Menyembuhkannya

Namun, kadar kolesterol yang tinggi juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mata. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Berikut adalah beberapa dampak negatif tingginya kadar kolesterol terhadap kesehatan mata:

• Retinopati

Retinopati adalah kondisi kerusakan retina, lapisan peka cahaya di bagian belakang mata. Retinopati dapat menyebabkan penglihatan buram, kehilangan penglihatan, dan bahkan kebutaan.

Retinopati dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk diabetes, hipertensi, dan tingginya kadar kolesterol.

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah retina. Penumpukan plak ini dapat mengganggu aliran darah ke retina, sehingga dapat menyebabkan kerusakan retina. 

• Oklusi vena retina

Oklusi vena retina adalah kondisi tersumbatnya pembuluh darah vena retina. Oklusi vena retina dapat menyebabkan penglihatan buram, kehilangan penglihatan, dan bahkan kebutaan.

Oklusi vena retina dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk diabetes, hipertensi, dan tingginya kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah vena retina.

Penumpukan plak ini dapat menyumbat pembuluh darah vena retina, sehingga dapat menyebabkan penglihatan buram, kehilangan penglihatan, dan bahkan kebutaan. 

BACA JUGA:Bahaya! Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Merugikan Kesehatan Mata

Sumber: