Berhasil Melaksanakan Program Perluasan Bantuan Hukum, BPHN Kemenkumham Raih Penghargaan Gatra Awards 2023

Berhasil Melaksanakan Program Perluasan Bantuan Hukum, BPHN Kemenkumham Raih Penghargaan Gatra Awards 2023

Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM (BPHN Kemenkumham) RI Prof Widodo Ekatjahjana SH MHum menunjukkan penghargaan Gatra Awards 2023.-Sujatmiko-

JAKARTA, MEMORANDUM - Pada Gatra Awards 2023 yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya pada Jumat, 17 November 2023, Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM (BPHN Kemenkumham) memperoleh penghargaan prestisius di bidang Hukum.

Anugerah ini secara langsung diterima oleh Kepala BPHN Kemenkumham RI Prof Widodo Ekatjahjana SH M Hum. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan terhadap keberhasilan program perluasan bantuan hukum bagi individu dan kelompok rentan di Indonesia. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto Diganjar Penghargaan dari BNNP Banten

Sebelumnya, program ini telah meraih penghargaan pada Open Government Partnership Awards 2023 di Tallin, Estonia.

"Dalam upaya mewujudkan akses keadilan bagi kelompok masyarakat rentan, BPHN telah mengambil langkah strategis dengan melibatkan lebih dari 6.200 advokat dan 5.700 paralegal yang tergabung dalam Pemberi Bantuan Hukum (PBH) terakreditasi," ungkap Prof Widodo, dikonfirmasi pada Minggu, 19 November 2023.

BACA JUGA:Kemenkumham Banten Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dengan Nilai 91,18

Selama tahun 2022, lebih dari 9.000 orang menerima bantuan hukum litigasi, mencakup berbagai lapisan masyarakat, termasuk perempuan, anak-anak, dan orang dengan disabilitas.

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Dorong Kemudahan Berusaha melalui Penyederhanaan Kebijakan Satu Peta dan Penataan Batas Desa

"Pada HUT Gatra Media ke-29 ini, kami juga tidak menyangka bahwa BPHN berkesempatan meraih Penghargaan dalam Kategori Hukum," tambah mantan Plt Dirjen Imigrasi ini.

BACA JUGA:Kemenkumham Raih Penghargaan Terbaik I ITKP di Anugerah Pengadaan 2023

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap inisiatif BPHN Kemenkumham dalam menginisiasi Program Perluasan Bantuan Hukum bagi Individu dan Kelompok Rentan di Indonesia. Sebelumnya, BPHN telah meraih penghargaan Open Government Partnership Award 2023 di Estonia.

Terima kasih kepada Gatra yang memberikan apresiasi atas inovasi, transformasi, reformasi, penciptaan daya saing, dan pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Maju.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Silaturahmi ke Kajati Jatim, Jalin Sinergitas dan Bahas Over Capacity Lapas

"Terima kasih kepada Unit Kerja, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, serta mitra yang telah mengglorifikasi dan memberikan ucapan selamat atas penghargaan Gatra Awards 2023 ini," tutup Widodo. (*)

Sumber: